Traveling keliling dunia memang sangat mengasyikan, apalagi jika traveling adalah hoby anda. Namun terfikirkah anda jika sedang dalam negara orang ? Ya, bahasa untuk komunikasi. Bila anda kurang mampu menguasai beberapa bahasa di dunia, sudah pasti traveling anda kurang menyenangkan karena tidak adanya interaksi dengan orang-orang di sekitar. Bahkan mungkin hanya untuk menanyakan alamat saja tentunya kebingunan sendiri. Mungkin senjata utamanya dengan bahasa isyarat dengan menunjukkan gambar-gambar saja. Tidak asyik bukan ?

 
 

Hal tersebut yang menjadi beberapa kendala para Traveler. Namun kini anda tidak perlu khawatir. Karena saat ini sudah ada alat canggih Instan Translator dengan nama : ili Wearable Translator. Alat ini dibuat oleh Perusahaan Logbar Inc. di Jepang, dimana alat ini merupakan alat penerjemah bahasa canggih yang akan di launching di Amerika Serikat pada bulan Juni 2017 mendatang. Alat ini akan sangat berguna bagi para traveler yang mengalami kendala bahasa di beberapa negara yang jarang menggunakan bahasa Inggris seperti di Jepang, Korea dan China. Ili Wearable Translator merupakan alat penerjemah bahasa canggih berbentuk seperti flash disk. Alat penerjemah canggih ini akan melakukan olah data audio dengan sebuah processor kecil di dalamnya.

Ili diperkirakan memiliki daya tahan baterai hingga 24 jam dan memiliki Harga sekitar US $200 (2,78 juta Rupiah). Meskipun bahasa yang saat ini masih terbatas, Logbar berencana untuk menambahkan bahasa Perancis, bahasa Korea dan bahasa Arab.

Uniknya lagi alat ini tidak memerlukan koneksi internet dan cukup memerlukan daya baterai saja. Alat ini sudah diuji coba di beberapa negara seperti Jepang dan Hong Kong tanpa kendala. Alat penerjemah bahasa canggih ini boleh jadi lebih canggih dibandingkan dengan google translate yang kerap dijadikan andalan saat traveling ke luar negeri. Sayangnya google translate punya kendala karena harus memerlukan koneksi internet. Dengan Ili wearable translator, kamu pun bisa traveling keliling Jepang tanpa khawatir tidak bisa berbahasa Jepang.

Cara penggunaan alat penerjemah bahasa canggih ini pun sangat sederhana sekali. Pengguna tinggal merekam kalimat yang hendak diterjemahkan dengan memencet tombol, kemudian alat akan memproses audio data yang masuk. Secara instan alat penerjemah bahasa canggih ini langsung menerjemahkan dengan output dalam bahasa yang diinginkan. Canggih sekali bukan? Nah, untuk menghilangkan rasa penasaran anda, mari simak selengkapnya tentang fungsi alat ini pada video berikut :