Google Street View adalah salah satu layanan yang terdapat dalam Google Maps. Fitur ini diperkenalkan oleh Google pada tahun 2007. Melalui fitur ini, pengguna dapat melihat berbagai pemandangan sepanjang jalan di kota-kota besar hingga tempat-tempat wisata. Gambar pemandangan yang dihasilkan adalah foto panorama 360 derajat yang diambil sejajar dengan ketinggian mata manusia. Awalnya hanya tersedia beberapa gambar dari wilayah Amerika Serikat saja. Kini, sudah tersedia banyak sekali gambar yang diambil dari berbagai penjuru dunia, termasuk salah satunya adalah Indonesia.

mobil google street view

Bagaimana Cara Mengakses/Menggunakan Google Street View ?

Untuk mengaksesnya yaitu melalui website yang dapat diakses di maps.google.com dari berbagi Internet Browser. Lalu ketik salah satu nama kota atau lokasi. Cari tombol menu Street View yang digambarkan dengan bentuk boneka manusia warna kuning. Ada 2 cara untuk melihat, yaitu dengan mengklik boneka kuning lalu mengklik jalan yang terdapat jalur biru, atau dengan klik boneka kuning tersebut dan melepaskan ke area dimana kita ingin melihat-lihat pemandangan sekitarnya. Sedangkan untuk Tablet dan Smartphone ada juga cara mudah menggunakan aplikasi Google Maps di Apple Store / Google Play. Kemudian ketik nama jalan sama seperti cara sebelumnya melalui Internet Browser. Perbedaannya adalah jika kita menggunakan Smartphone atau Tablet, kita cukup menekan dan tahan agak lama di titik lokasi yang kita ingin lihat-lihat hingga pin merah muncul. Setelah itu akan muncul nama jalan di bagian bawah layar. Apabila area tersebut sudah terekam kamera Google Street View, maka akan muncul foto dengan tulisan Street View. Tekan foto tersebut dan kita dapat mulai berjalan-jalan di area sekitar titik tersebut.

Daerah Mana Saja di Indonesia Yang Masuk Dalam Google Street View ?

Tidak semua daerah di Indonesia Masuk ke dalam kategori daerah Google Street View, Per bulan November 2014 hanya 4 kota besar di Indonesia yang masuk ke dalam area Google Street View, Yaitu : Jakarta, Bogor, Surabaya, Denpasar. Terus Kota/Daerah lainnya bagaimana? Ya, kita tunggu saja. Semoga segera menyusul. Kalau anda pernah menjumpai mobil GOOGLE STREET VIEW (seperti gambar di atas) berarti area anda sudah terekam oleh Google. ^_^

Lalu, Apa Manfaat Google Street View?

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan hadirnya Google Street View, yaitu :

1. Menjadi media riset bagi para turis yang mau berlibur ke Indonesia.

2. Bisa juga berfungsi sebagai brosur digital perjalanan wisata bagi para turis.

3. Sebagai Penunjang berbagai aktivitas kita dalam mencari informasi bahkan untuk bisnis sekalipun.

4. Menghemat waktu dan memberikan gambaran informasi lebih cepat untuk suatu daerah/lokasi.

5. Sebagai penunjuk arah dan lokasi bagi para pengunjung di suatu daerah tertentu.

6. Memberikan gambaran nyata untuk suatu lokasi tertentu.