Cara Menggunakan LinkedIn pada dasarnya sama dengan media sosial yang lainnya. Bedanya yaitu LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya. Selama 9 bulan belakangan ini, LinkedIn merupakan salah satu tempat terbaik untuk membagikan berbagai konten baru, terhubung dengan orang lain, berkolaborasi dengan orang lain, dan banyak hal lainnya. Sebagian pengguna LinkedIn sengaja membuat akun untuk memberikan nilai tambahan ke bisnis mereka, dan sebagian lainnya ada pula yang mempromosikan diri dan mencari partner bisnis. Saat ini ada lebih dari 255 juta pengguna aktif di LinkedIn, dan Indonesia menempati urutan ketigasebagai negara dengan pertumbuhan pengguna paling cepat per Januari 2013.

 
 

Apapun tujuan anda membuat akun LinkedIn, yang paling penting harus terlihat profesional. Tentu Anda tidak ingin orang menilai Anda sebagai yang kurang profesional di jejaring sosial para pebisnis ini, dan salah satu elemen penting untuk menunjukkan betapa profesionalnya Anda adalah melalui penampakan profil diri anda.

Berikut ini kami hadirkan untuk anda Cara Menggunakan LinkedIn untuk menunjang karir anda semakin maju dan gemilang :

Cara Menggunakan LinkedIn Untuk Menunjang Karir Semakin Gemilang

Cara Menggunakan LinkedIn Untuk Menunjang Karir Semakin Gemilang

Membuat Profil LinkedIn yang Lengkap dan Menarik

Profil adalah hal pertama yang akan dilihat orang lain ketika mencari kita di LinkedIn. Sebenarnya ada banyak sekali yang dapat kita lakukan untuk mengoptimalkan profil kita di LinkedIn. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang menurut saya paling penting.

Cara membuat profil profesional dan menarik di LinkedIn :

Sempurnakan Headline Profil Anda

Anda harus pahami bahwa headline profil Anda memiliki fungsi seperti cover sebuah majalah, terkadang orang menilai isi dari cover, profil  yang tidak lengkap dan terkesan asal akan memberikan kesan buruk. Bukannya tujuan Anda membuat akun LinkedIn adalah untuk mempromosikan diri atau bisnis Anda? So, nama, pendidikan, jenis bisnis dan alamat Anda sejelas mungkin agar orang tidak perlu lagi bertanya berapa usia Anda.

Tulis Riwayat Pekerjaan Anda

Riwayat pekerjaan atau pengalaman bisnis juga tak kalah penting ketika Anda berniat menjual skillatau pengalaman Anda. Tuliskan saja riwayat pekerjaan meskipun tidak berhubungan dengan jenis bisnis yang sedang Anda promosikan. Informasi ini akan berguna untuk pengguna lain yang bisa saja tertarik dengan apa yang pernah Anda kerjakan sebelumnya. Tulis juga tentang pekerjaan atau bisnis yang saat ini Anda kerjakan.

Tuliskan Jenjang Pendidikan Anda

Banyak pengguna LinkedIn hanya menampilkan riwayat pendidikan seadanya dengan alasan agar terlihat sederhana dan juga menghemat waktu. Tetapi membuat daftar riwayat pendidikan secara lengkap justru memberikan nilai plus yang bermanfaat bagi Anda di mata klien.

Berikan dan Minta Testimonial

Mempunyai testimonial dari pengguna lain misalnya teman kerja, pelanggan atau staff Anda dapat menjadi nilai tambah positif. Kenapa harus kita yang memberi? Sebab menunggu orang untuk memberikan testimonial bukan perkara mudah, jadi berikan dahulu testimoni dan setelah itu minta testimoni balik.

Buat dan Terlibatlah dalam Grup

Seperti jejaring sosialnya lainnya, di LinkedIn Anda dapat pula terlibat dan membuat grup sesuai dengan jenis bisnis atau pekerjaan yang Anda tangani. Agar Anda terlihat lebih profesional, maka cara yang paling efektif adalah terlibat dalam sebuah atau beberapa grup yang Anda pahami, Anda juga bisa membuat grup sendiri dan terlibat aktif di dalamnya. Dengan terlibat langsung di dalamnya Anda akan semakin dikenal sehingga kesempatan untuk mencapai tujuan utama Anda akan jauh lebih mudah.

Buat dan Gunakan Lencana

Lencana profil bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mempromosikan diri atau bisnis Anda. Di LinkedIn, Anda dapat memilih salah satu dari 10 lencana yang ada dan memasang lencana tersebut di blog, website atau forum yang Anda ikuti.

Buatlah Daftar Koneksi Pribadi

Membuat koneksi adalah salah satu fitur yang ditawarkan oleh LinkedIn, dengan fitur ini Anda dapat mengirimkan permintaan kepada pengguna lain untuk menjadi koneksi Anda. Berikan detail lengkap hubungan Anda – jika Anda mengenali pengguna tersebut – dan buatlah pesan pribadi kepada pengguna tersebut agar permintaan Anda diterima.

Gunakan Foto Profil yang Baik

Sebagian besar pengguna LinkedIn adalah profesional yang menilai kualitas seseorang dari headline dan deskripsi profil seperti pendidikan, testimonial, pelanggan dan pengalaman pekerjaan, bukan dari seberapa seksi foto profil Anda. Jadi, pasanglah foto yang sesuai dan pantas, piih foto terbaru dan pastikan terlihat jelas di profil Anda. Selalu gunakan foto profile yang profesional karena LinkedIn adalah platform media sosial profesional. Foto profil LinkedIn yang baik harus fokus ke diri kita dan buka gambar background atau kelompok. Tampilan foto profil kita juga harus beresolusi baik sehingga jelas dan memudahkan orang lain dalam mengenali kita. Sebaiknya jangan pernah menggunakan foto selfie.

Buat Pengalaman Sedetail-Detailnya

Kita harus membuat informasi di bagian pengalaman secara detail. Ini adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membuat bagian pengalaman menjadi lebih menarik:

  • kita harus mengetahui bahwa orang lain ingin melihat peran kita di sebuah perusahaan, tapi orang lebih tertarik untuk melihat pencapaian kita selama ini. Jadi, selalu cantumkan pencapaian yang sudah kita dapatkan selama ini di bagian pengalaman. Jika Anda adalah seorang manajer media sosial, sebutkan kampanye sukses apa yang  pernah Anda lakukan. Kalau Anda seorang penulis, sebutkan buku atau tulisan terbaik apa yang pernah ditulis.
  • Sebagian besar orang juga lupa bahwa kita bisa menambahkan visual dan juga tautan ke website lain pada masing-masing pengalaman yang ada di LinkedIn. Orang akan lebih tertarik dengan konten yang mengandung gambar dibandingkan hanya tulisan saja.

Jadi, bila ingin membuat bagian pengalaman lebih menarik, pastikan untuk menambahkan gambar-gambar dan juga tautan ke website, publikasi yang kita dapatkan di media, atau penghargaan yang pernah didapatkan.

Bangun Relasi Yang Baik

Sosial media sosial LinkedIn adalah tentang membangun relasi dengan orang yang tepat.  Terhubung dengan orang yang sudah kita kenal itu bagus, namun terhubung dengan orang-orang baru di luar lingkaran kita juga sangat penting.

Cara membangun relasi yang baik :

  • Kita bisa punya relasi dengan orang-orang yang punya peran dan juga ketertarikan yang sama dengan kita. Misalnya saja anda adalah seorang Online Marketer, maka sebaiknya anda terhubung dengan para online marketer lain yang sudah lebih hebat, sehingga anda dapat belajar dan berdiskusi dengan mereka.
  • kita juga bisa punya relasi dengan orang-orang yang bisa mendukung kemajuan karir. Misalnya, jika kita adalah seorang blogger dengan topik teknologi, cobalah untuk terhubung dengan para blogger teknologi yang sudah lebih terkenal, atau terhubung dengan editor teknologi di media-media besar.
  • Kirim Pesan Perkenalan Diri yang Personal. Sebaiknya perkenalkan diri terlebih dahulu, apalagi jika belum mengenal sebelumnya. LinkedIn memiliki fitur dimana kita dapat mengirimkan pesan pendek ketika ingin mengirimkan undangan ke orang lain untuk terkoneksi. Namun kita juga harus ingat bahwa LinkedIn membatasi jumlah karakter yang bisa dikirimkan pada tahap perkenalan ini, yaitu sebesar 300 karakter.  Jadi, pastikan kita mengirimkan pesar yang singkat, padat, dan jelas. Kita bisa memulai perkenalan dengan menyebutkan nama, tempat kita bekerja, bagaimana kita bisa mengetahui mereka, dan apa tujuan kita terkoneksi dengan mereka.

Buatlah Konten yang Bagus dan Bermanfaat

Dan yang terakhir adalah membuat konten yang bermanfaat bagi orang-orang yang telah terhubung dengan kita. Dengan memuat konten yang bagus di LinkedIn maka orang lain akan terdorong untuk menyukai dan memberikan komentar. Konten di LinkedIn yang kita share akan semakin banyak view bila ada likes dan komentar, dan pada akhirnya akan semakin banyak orang yang akan melihat konten dan juga profil kita.

Demikianlah Cara Menggunakan LinkedIn Untuk Menunjang Karir Semakin Gemilang, semoga bermanfaat dan membantu.. Serta jangan lupa share ke semua orang agar lebih bermanfaat untuk kita semua…