Cara Meningkatkan Traffic Website yang potensial agar profit adalah hal yang sangat penting untuk para pelaku bisnis online karena semua pebisnis online atau internet marketer pasti ingin websitenya terkenal dan bisa menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu Meningkatkan Traffic Website ke situs anda. Beberapa upaya meningkatkan trafik ke situs kita bisa kita lakukan secara gratis, tapi ada juga sumber trafik yang memang butuh modal alias berbayar. Sebelum lanjut ke pembahasan Cara Meningkatkan Visitor/Traffic Web sebaiknya ketahui dahulu apa itu Traffic website.. Trafik web bisa didefinisikan sebagai jumlah orang yang mengunjungi sebuah website, halaman yang mereka lihat, dan durasi saat pengunjung melihat atau membaca halaman-halaman tersebut. Ketika seseorang mengunjungi website Anda, kunjungan tersebut serta semua link yang mereka klik dan follow direkam oleh domain Anda. Nantinya angka-angka ini bisa memberi Anda ide tentang seberapa populernya website Anda.

 
 

Manfaat Traffic/Visitor Website :

Cara Meningkatkan Traffic Website memang tidak semudah dulu. Namun, kalau website Anda tidak dikunjungi oleh banyak orang, website Anda terancam akan tenggelam di antara website-website lain di internet. Setiap website butuh traffic. Seberapa pun bagusnya website Anda, jika pengunjungnya sedikit, website dan bisnis Anda mungkin tidak bisa bertahan. Pada dasarnya, website Anda akan hanya bertahan jika ada traffic flow yang stabil. Berikut bebarapa alasan kenapa Anda perlu mempertimbangkan pentingnya traffic website, terutama dalam e-commerce dan dunia bisnis online :

  • Traffic dari pengguna yang tertarik dengan isi website atau produk-produk Anda akan lebih mungkin untuk menghabiskan lebih banyak waktu di website Anda dan memberi tahu tentang website tersebut ke orang banyak.
  • Jika orang menghabiskan lebih banyak waktu di website Anda, ada kemungkinan mereka akan mendaftarkan diri untuk newsletter website Anda atau menerima konten promo yang nantinya bisa membuat mereka menjadi konsumen untuk jangka waktu yang lama.
  • Untuk bisnis, Anda perlu mendapatkan traffic website untuk mendapatkan keuntungan dan memastikan bahwa bisnis Anda berjalan lancar.

 

Cara Meningkatkan Traffic Website Gratis

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan Tentang Cara Meningkatkan Traffic Website untuk Anda.

Perhatikan JUDUL KONTEN

Judul artikel atau konten adalah elemen penting dalam sebuah konten. Judul artikel adalah hal pertama yang menarik perhatian orang-orang untuk membaca konten website Anda, terutama jika Anda membagi konten Anda ke media sosial. Pastikan headlines yang digunakan menarik perhatian dan menggambarkan dengan jelas isi dari konten tersebut.

Long-tail keywords – Salah satu cara untuk membawa traffic ke website Anda adalah dengan memastikan Anda fokus memilih long-tail keywords. Pastikan keyword yang digunakan relevan dan berhubungan dengan topik setiap post Anda.

Publish Konten yang berkualitas

Konten yang tepat dan berkualitas adalah hal yang penting dalam meningkatkan traffic website. Perlu diperhatikan bahwa konten yang baik adalah konten yang bersifat informatif sehingga perlu dilakukan riset yang mendalam. Hal ini untuk memastikan bahwa isi konten terperinci, menarik, dan unik. Anda juga bisa menggunakan multimedia seperti gambar, video, dan infografik untuk membuat konten yang menarik. Artikel yang lebih panjang biasanya dinilai lebih informatif.

Cara membuat konten atau artikel yang berkualitas :

  • Hindari ‘salin-tempel’ dari artikel milik orang lain
  • Gunakan sinonim sehingga Anda tidak menggunakan kata yang sama berulang kali
  • Hindari pembahasan mengenai hal-hal yang tidak berhubungan dengan inti artikel
  • Buat artikel yang profesional
  • Konten yang berkualitas juga dapat membantu linking root domain.

Jika konten Anda dianggap berkualitas oleh banyak orang, dijamin Anda akan mendapat banyak backlinks dari berbagai website. Dengan cara ini, anda tidak perlu lagi cari backlink atau bahkan beli backlink. Perhatikan Rumus sederhana berikut :

Teknik SEO Modern : Konten Berkualitas–>Mendapat Traffic–>Mendapat Backlink–TOP One Google–>Traffic Organik Meningkat

Kesimpulannya adalah teknik SEO modern lah yang tetap terbaik dan disenangi oleh MESIN PENCARI (GOOGLE). Bukan teknik SEO Jadul yang selalu backlink sana-sini dan spam sana-sini, jika ini anda lakukan, habislah reputasi web anda dan akan berujung di Tendang Google, atau istilahnya De-index..

Cara Meningkatkan Traffic Website Jitu dan Tepat Sasaran Profit ++

Cara Meningkatkan Traffic Website Jitu dan Tepat Sasaran Profit ++

Jika Anda ingin membuat konten yang lebih menarik, Anda bisa menambahkan multimedia di post Anda seperti gambar, infografik, dan video. Apapun industri bisnis yang Anda miliki, pasti ada banyak hal yang bisa dibahas. Anda juga bisa membuat webinar tentang topik yang ingin Anda bahas dan mempresentasikannya. Jika Anda merasa kurang nyaman berada di depan kamera, Anda juga bisa mencoba membuat podcasts. Podcast adalah salah satu medium yang saat ini mulai mendapat banyak perhatian. Podcast sendiri adalah rekaman asli audio atau yang tersedia di internet. Anda hanya perlu berlangganan tanpa membayar biaya apapun. Salah satu keunggulan podcast adalah bisa didengar kapan saja dan di mana saja.

Untuk menambah nilai lebih pada podcast Anda, Anda bisa mengundang ahli dan influencer di industri Anda. Dengan begitu orang-orang akan tertarik untuk mendengarkan podcast tersebut dan tamu Anda juga bisa mempromosikan podcast Anda di media sosial milik mereka. Ini bisa membantu website Anda agar dikenal lebih luas.

Optimasi On Page SEO

Selanjutnya adalah tambahkan Optimasi teknik-teknik On Page SEO. Apakah anda sudah menggunakan keyword yang tepat? Apakah Anda sudah menggunakan alt text untuk gambar-gambar yang disertakan di post Anda? Apakah Anda sudah memasukkan external dan internal link? Bagaimana dengan meta descriptions? On Page SEO tidak membutuhkan banyak waktu untuk diaplikasikan dan masih merupakan salah satu hal terpenting untuk meningkatkan traffic website Anda.

Tambahkan Internal Linking yang salin berhubungan

Internal link tetap perlu, namun yang relevan. Internal linking adalah link dari satu halaman website menuju halaman lain di website yang sama. Perlu diperhatikan bahwa untuk internal linking, hanya gunakan link post dari website Anda yang isinya masih berhubungan dengan artikel yang akan Anda unggah. Internal linking membantu Google untuk menjelajahi halaman website Anda. Internal linking juga memungkinkan para pengunjung website untuk menemukan informasi yang terkait dengan apa yang mereka baca. Hal ini dapat meningkatkan durasi pengguna saat menjelajahi website Anda. Internal linking sendiri adalah salah satu teknik on-page SEO yang sangat penting karena mereka akan membantu crawler mesin pencari untuk mencari konten dan menjelajahi website Anda. Inter linking juga membantu meningkatkan page authority dan memperbolehkan pengguna untuk menjelajahi website dengan lebih mudah.

Update konten berkelanjutan

  • Konten tulisan.. Banyak orang sering bertanya seberapa sering saya harus menerbitkan konten di blog? Jawabannya adalah Anda harus menerbitkan konten baru secara rutin. Rutin menerbitkan konten adalah salah satu langkah untuk menjamin bahwa website Anda selalu up-to-date. Menulis secara rutin bukanlah hal yang mudah sehingga banyak bloggers dan pemilik website yang tidak konsisten dalam menerbitkan konten baru. Hal ini menyebabkan fluktuasi di domain authority mereka. Traffic website akan meningkat jika Anda rutin menerbitkan konten. Rutin menulis dan menerbitkan konten juga membantu meningkatkan page rank website Anda. Anda juga akan memiliki banyak konten untuk interlinking. Pada dasarnya, semakin rutin Anda menulis dan menerbitkan konten baru, website Anda akan menerima lebih banyak traffic website.
  • Optimalkan Gambar… Trend penggunaan gambar sudah berubah, kalau dulu kita anti dengan gambar besar sekarang tidak lagi. Koneksi internet semakin baik. Menampilkan gambar besar (full-width) dan relevan dengan konten akan membuat pembaca lebih lama memproses konten. Tak heran website yang terkenal dengan kontennya seperti buzzfeed.com dan upworthy.com sering menampilkan gambar besar. Mengoptimalkan gambar dari sisi SEO yakni mengisi kolom ALT dan TITLE sementara untuk posting artikel diwajibkan untuk Gunakan minimal 1 gambar untuk meningkatkan klik.

Gunakan Media Sosial dan Aktif

Setelah anda membuat konten yang berkualitas, anda perlu aktif mensosialisasikan konten untuk membuat orang-orang membacanya. Jika anda membagi konten Anda di situs media sosial seperti Facebook dan Twitter, Anda bisa mendapatkan audience baru untuk website Anda. Apalagi jika konten Anda berkualitas, konten tersebut bisa mendapatkan lebih banyak share dan berkemungkinan untuk menjadi viral. Konten yang paling baik pun harus dibagi dan dipromosikan. Perlu diingat untuk tidak melakukan spamming di media sosial. Jika memungkinkan, susun jadwal untuk membagi post Anda ke situs-situs media sosial. Anda juga harus mengatur strategi media sosial. Gunakan desain yang tepat untuk branding dan marketing. Pada intinya, media sosial berperan penting dalam meningkatkan traffic website.

Tidak cukup jika Anda hanya berbagi content melalui social channels – Anda juga perlu untuk aktif berpartisipasi dalam komunitas. Punya akun Twitter? Bergabunglah dalam diskusi kelompok dengan hashtag yang relevan. Apakah audiens Anda meninggalkan komentar pada postingan Facebook Anda? Jawaban pertanyaan dan libatkan diri Anda dengan audiens. Tidak ada yang dapat mengubah seseorang jauh lebih cepat daripada menggunakan media sosial sebagai broadcast channel – gunakan social media dan berinteraksilah dengan fans Anda.

Email marketing juga penting

Banyak pebisnis fokus pada menarik customer baru melalui content marketing dan mereka lupa tentang metode tradisional. Email marketing bisa menjadi tool yang sangat kuat, dan bahkan email blast yang cukup sukses dapat menghasilkan kenaikan kecil yang signifikan dalam traffic. Yang perlu Anda perhatikan adalah berhati-hati untuk tidak membombardir orang dengan email tanpa henti tentang setiap updatean dalam bisnis Anda. Juga, jangan mengabaikan kekuatan word-of-mouth marketing, terutama dari orang-orang yang sudah menikmati produk atau jasa. Sebuah email reminder yang ramah tentang layanan baru atau produk dapat membantu Anda dan merupakan cara jitu untuk meningkatkan traffic Anda juga.

Cara Meningkatkan Traffic Website Berbayar

Pasang Iklan Di Media Sosial

Facebook adalah media sosial yang paling efektif untuk memasang iklan karena konversi iklan di media sosial yang satu ini terbukti sangat baik. Di Facebook Ads kita bisa memilih target audiens yang paling sesuai dengan kategori yang kita butuhkan, inilah yang akan mempengaruhi efektivitas iklan yang kita pasang. Berdasarkan pengalaman saya, memasang iklan di Facebook Ads sangat mudah dilakukan. Kita bisa mengatur berapa budget yang ingin kita keluarkan untuk sebuah klik iklan, dan kita juga bisa mengatur target audiens yang sesuai dengan bisnis kita.

Pasang Iklan PPC, Google Adwords masih yg terbaik

Google Adwords adalah perusahaan penyelenggara media iklan PPC yang paling terkenal saat ini. Perusahaan milik Google ini sudah memiliki jaringan pengiklan (advertiser) dan publisher dengan jumlah yang sangat banyak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Keunggulan dari Google Adwords adalah iklan yang muncul di situs publisher mereka adalah iklan yang sesuai dengan artikel. Saya pribadi belum pernah memasang iklan di Google Adwords, tapi ada banyak testimoni dari pengiklan mereka yang mengatakan puas dengan layanan Google Adwords dan memberikan dampak positive bagi bisnis mereka. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan trafik potensial menuju situs bisnis Anda, tidak ada salahnya mencoba Google Adwords.

Landasi diri dengan Konsistensi dan kesabaran

Menjaga konsistensi website Anda adalah faktor yang penting. Jika konsistensi Anda terjaga maka domain authority website Anda juga akan meningkat. Anda juga harus bersabar karena SEO tidak akan berhasil hanya dalam semalam. Butuh waktu sebelum akhirnya Anda bisa melihat hasilnya. Itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan traffic website Anda. Tapi satu hal yang harus Anda ingat adalah semua teknik SEO serta teknik-teknik di atas hanya akan benar-benar membuahkan hasil jika konten yang Anda miliki berkualitas . Dengan konten yang berkualitas, Anda akan dapat meningkatkan traffic website, domain authority, organic search results, dan juga ranking website.