Sebelum menjadi internet marketer yang handal dan sukses, tentunya tidak dengan cara yang instan. Sudah pasti seorang Marketer melalui liku-liku perjalanan karirnya sebagai seorang Pemasar Di Internet. Sebelum kita bahas lebih jauh tentang bagaimana menjadi Internet Marketer, sebaiknya kita perhatikan terlebih dahulu apa itu Internet Marketer, dan apa itu Internet Marketing berikut ini :

 
 

Internet Marketer adalah seseorang atau pemasar yang menjalankan segala sesuatu tentang proses internet marketing (pemasaran online). Sementara itu, Internet Marketing adalah suatu pekerjaan yang tujuannya meyakinkan bahwa tawaran seorang Marketer menarik pelanggan untuk membeli produk online tertentu.

Perlu kita ketahui bahwa Seorang Pemasar online (Internet Marketer) yang sukses berasal dari berbagai latar belakang, termasuk latar belakang bisnis, desain grafis, penulis dan pengusaha IT. Untuk menjadi seorang marketer, Anda dapat menemukan sumber daya manusia tersebut melalui media online atau dari rekan maupun relasi bisnis anda. Dari situ anda dapat memulainya untuk masuk ke dunia Internet Marketing. Langkah pertama mungkin anda bisa mengambil sebuah proyek awal yang kecil sekalipun dan menambahkan hasil proyek tersebut untuk portofolio pekerjaan pribadi Anda. Langkah-Langkah Awal untuk menjadi Seorang Internet Marketer yang Handal & Profesional, sebaiknya anda perhatikan hal-hal berikut ini :

1. Apakah Internet Marketing adalah Karir yang tepat bagi Anda?

Sebelum anda terjun ke Dunia Internet Marketing, sebaiknya anda bertanya kepada diri anda, apakah Internet Marketing adalah pekerjaan yang tepat untuk anda ? Dan segeralah yakinkan diri anda akan hal ini. Mengingat bahwa Pemasaran adalah proses mendapatkan perhatian dan menghasilkan untuk atau laba untuk produk maupun sebuah layanan tertentu. Disini biasanya seorang Pemasar menghabiskan banyak waktu berkomunikasi dengan orang-orang tentang kebutuhan dan preferensi mereka. Seorang pemasar berpikir tentang bagaimana mereka dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan pelanggan. Jika anda merasa diri anda memiliki jiwa pemasar tersebut, sebaiknya anda segera action.

Seorang Profesional Marketer dalam pemasaran berasal dari berbagai latar belakang. Banyak pemasar mendapatkan gelar sarjana dalam bisnis atau pemasaran. Namun, bidang pemasaran juga membutuhkan seniman grafis, penulis, web designer dan programmer.

Pemasaran membutuhkan kreativitas. Kreativitas yang bisa datang dalam berbagai bentuk desain grafis disatukan presentasi visual untuk menarik pelanggan. Penulis membuat konten yang dirancang untuk melibatkan pembaca dan membuat mereka tertarik. Seorang programmer menulis kode untuk membuat halaman web yang mudah dinavigasi. Seorang web designer mampu membuat web anda menjadi rumah yang nyaman dikunjungi untuk para pengunjung potensial. Terlepas dari peran pemasaran Anda, Anda harus berpikir kreatif. Jika anda bukan seorang yang multi talent, sebaiknya anda membentuk Team khusus tentang bagian perkerjaan tersebut agar proses Internet marketing anda Sukses.

2. Pelajari komponen dari profesi Internet Marketer

Internet marketing membutuhkan berbagai tugas. Untuk memutuskan daerah mana yang cocok untuk Anda, menemukan sumber daya untuk belajar tentang setiap tugas tersebut. Ini hal yang sangat penting untuk pemasar dalam memahami bagaimana sebuah situs web terlihat Responsive dan User Friendly. Mengapa demikian ? Ingat, ada pengguna ingin sebuah situs yang nyaman dan mudah dinavigasi jika diakses via ponsel, tidak harus menggunakan PC atau Laptop. Dan ini adalah tugas dari Team anda yaitu Web designer dan Web Programmer.

Anda pula tidak boleh melupakan Google sebagai mesin pencari terpopuler, bahkan mayoritas pengunjung suatu web menggunakannya untuk mencari Produk atau Jasa yang diinginkan. Dan lagi-lagi ini adalah tugas seorang Web Programmer untuk membuatkan website anda Google Friendly, dan juga seorang Content Writer yang mampu menaikkan ranking web anda di Google. Mengapa demikian ? Google telah menempatkan peningkatan fokus pada konten web yang baik. Jika Anda secara konsisten memposting konten yang bermanfaat, situs Anda akan bergerak ke atas di hasil pencarian Google. Dalam hal ini, Pengetahuan tentang pemasaran konten menjadi lebih penting bagi Internet Marketer.
Program gelar Anda akan memberikan dasar pengetahuan pemasaran. Bisnis, desain dan teknologi grafis merupakan tugas yang penting semua termasuk pemasaran sebagai bagian dari kurikulum Internet Marketing. Hingga saat ini, Search Engine adalah sebuah media yang sangat baik untuk pemasaran Internet.

3. Bangun keterampilan Anda

Setelah Anda memiliki gambaran tentang profesi, kini saatnya Anda dapat memutuskan jenis yang tepat untuk karir Internet Marketing Anda. Anda juga dapat mulai membangun portofolio kerja dari sekolah dan magang. Banyak pemasar mendapatkan gelar pemasaran melalui departemen bisnis sekolah mereka. Internet marketer sukses lainnya memiliki gelar dalam komunikasi, desain grafis atau IT. Karena bidang ini membutuhkan beberapa jenis keterampilan, Anda dapat menggunakan keterampilan bidang tersebut dengan masing-masing gelar ini.

4. Bentuk Team Khusus : Manag dan Lakukan Evaluasi setiap Team

Masih berkaitan dengan Point 1 dan 2, setelah anda memahaminya saatnya bentuk Team Khusus untuk menjalankan kegiatan Internet Marketing anda. Tempatkan anggota Team anda pada bidang keahlian masing-masing. Misalnya anda punya seorang ahli Web Programming, tempatkan dia pada posisi Web Programmer. Dan Team Khusus anda sebaiknya memenuhi bidang pendukung Internet Marketing Berikut :

  1. Team Webmaster. Ini adalah team Inti sebagai Tombak utama anda. Dimana didalamnya mencakup Web Programmer, Web Designer, Web Maintenance, Web Analyst, Content Writer, SEO Expert, dan semua yang berkaitan dengan Web Anda. Pastikan di dalamnya adalah orang-orang ahli di bidangnya masing-masing. Agar anda menjadi yang terbaik di Mesin Pencari (Google), dengan demikian anda akan merajai pasar. Karena salah satu Marketplace yang digunakan para Internet Marketer handal adalah sebuah website.
  2. Team Marketer. Ini juga adalah Team yang terpenting dalam menjalankan kegiatan Internet Marketing anda. Juga pastikan di dalamnya adalah Expert di bidang pemasaran, terutama pemasaran online. Tentukan product, target market dan strategi marketing yang tepat untuk bisnis anda.
  3. Business Analyst. Bertugas menganalisis bisnis anda, apakah sudah mencapai target ataukah masih jauh dari target anda. Walau biasanya ini juga bisa dilakukan oleh Team Marketer, tidak ada salahnya jika anda menambahkan satu team ini, agar berfokus pada tugas masing-masing.
  4. Accounting. Anda juga sebaiknya gunakan team ini untuk memanag segala kegiatan akuntansi.

Setelah anda membentuk Team Khusus tersebut, Manag-lah sebaik mungkin. Dan juga sebaiknya anda lakukan koordinasi dengan baik serta evaluasi setiap kegiatan.

5. Action NOW !!

Sekarang anda sudah siap, dan sebaiknya anda langsung action tanpa menunda waktu.

 

Selanjutnya, dalam menjalankan kegiatan Internet Marketing anda juga melakukan hal-hal penting berikut ini. Agar anda menjadi Seorang Internet Marketer yang Sukses dan Handal :

1. Product Knowledge

Ini adalah hal yang wajib bagi seorang internet marketer mengatahui produk yang akan dia pasarkan. Hal ini biasa disebut sebagai product knowledge. Paling tidak, anda dan Team sebagai seorang marketer mengetahui kekurangan, kelebihan, harga, kualitas dan varian dari produk. Bukan itu saja, akan semakin bagus lagi dan informatif bila kamu mengetahui cara penggunaan dan proses pengirimannya. Tentuya, masih banyak hal yang harus anda pelajari lagi selain hal itu. Semakin baik lagi bila anda mampu memberikan ulasan lengkap mengenai produk. Semacam review atau testimoni dari pelanggan yang pernah bertransaksi dengan anda.

2. Ulet, Tekun dan Konsisten

Merupakan hal yang mudah diucapkan, namun sulit dilakukan, benar kan ? Sekali lagi bahwa ini yang tak mudah dipraktekkan. Namanya ketekunan dan konsistensi itu bisa didapatkan bila anda bersungguh-sungguh dan berkomitmen. Ada pepatah yang mengatakan, ketekunan itu akan mengalahkan kepandaian. So, jangan pernah patah arang. Sepanjang anda tekun, ulet, dan konsisten maka suatu saat anda akan mendapatkan hasilnya. Sedikit demi sedikit, semuanya akan tampak terlihat. Ketika kondisi pasar sepi, namun anda tetap bertahan dan cenderung berinovasi, maka kisah bisnis anda akan berakhir menggembirakan.

3. STOP Untuk PUAS

Dunia bisnis sudah seharusnya membuat Anda menjadi individu yang super lapar akan keberhasilan. Apabila target A sudah terpenuhi, maka selanjutnya beralih ke target B. Dan, seterusnya hingga target kembali ke awal. Pribadi yang dinamis, visioner, dan tentu memiliki ketekunan kuat merupakan modal berharga bagi anda. Ini akan lebih baik dibanding anda memiliki modal keuangan saja. Uang akan habis, namun sekalinya anda memiliki modal yang satu ini, maka itu takkan mudah habis.

4. Selalu bersemangat

Menjadi internet marketer terkadang mendapat citra yang buruk dengan dicap sebagai penjual yang sangat agresif dan terlalu memaksa. Sebagai internet marketer yang handal, hendaknya anda harus tahu cara yang efektif untuk mengubah pandangan masyarakat tersebut. Tetaplah bersemangat menghadapi pandangan tersebut dengan berbuat hal-hal yang dapat mengubah pandangan masyarakat ke arah yang lebih positif.

5. Tahan mental

Dunia internet marketing adalah dunia yang penuh dengan kompetisi dalam hal apapun. Oleh karena itu, anda harus memiliki mental baja. Penawaran yang anda lakukan sudah pasti tidak selalu diterima calon konsumen. Produk atau jasa yang anda jual belum tentu laku. Penolakan adalah hal wajar dalam dunia marketing, maka dibutuhkan kesabaran dan mental baja. Tetaplah konsisten pada pekerjaan dan pantang menyerah adalah kunci sukses bisnis anda.

6. Sukai tantangan dan hal baru

Beranikan diri anda untuk menghadapi tantangan baru, jangan terlalu terbuai dengan zona nyaman. Segeralah keluar dari ZONA NYAMAN. Jangan cepat puas dan nyaman dengan apa yang anda raih. Jika anda mampu melakukan yang lebih baik, tidak ada alasan bagi anda untuk berpuas diri dengan apa yang sudah didapat

7. Kenali calon costumer 

Sebelum anda melakukan penawaran suatu produk atau jasa ke kostumer, terlebih dahulu tentukan target pasar yang akan menjadi sasaran. Lakukan riset sebelum berbuat lebih jauh untuk mengenal seperti apa karakter calon kostumer kita. Pastikan bahwa anda memasarkan suatu produk atau jasa kepada target pasar yang tepat. Kenali perilaku konsumen untuk mengetahui minat dan kebutuhan mereka.

8. Pelayanan ramah

Dengan bersikap ramah dan santun dalam menghadapi segala macam pertanyaan atau komplain konsumen, maka anda telah membuat konsumen merasa nyaman dan diperhatikan. Dengan bersikap ramah dan santun, sebagai seorang internet marketer, anda telah berhasil membuat konsumen berkesan dan beranggapan bahwa produk atau jasa yang anda tawarkan berkualitas baik.

9. Perluas jaringan bisnis

Memperluas jaringan bisnis sama dengan meciptakan peluang pasar. Semakin luas jaringan yang anda miliki, semakin besar peluang yang akan anda ciptakan untuk mendapat kosumen. Salah satu langkah yang perlu anda lakukan adalah aktif dalam forum-forum, group dan komunitas dalam media sosial demi memperluas jaringan bisnis online yang ditekuni. Aktiflah disana dengan berbagi ide dan ilmu serta tidak malu bertanya jika ada sesuatu yang tidak dipahami. Tapi harus diingat, jangat terlalu agresif menawarkan produk di forum atau komunitas jika tidak ingin ditinggalkan oleh teman-teman relasi tersebut. Berpromosilah sewajarnya dengan mengindahkan aturan yang telah ditetapkan oleh forum tersebut.

10. Respect terhadap pelanggan

Sikap respek terhadap pelanggan dapat mengikat pelanggan dalam ikatan emosional yang mungkin sudah terasa dekat dengan anda. Sikap respek akan membuat konsumen merasa sangat terbantu dan nyaman menjadi konsumen bisnis internet yang anda jalani.

11. Kumpulkan dan Catat setiap testimoni Customer

Jika konsumen anda merasa puas dengan produk atau jasa yang anda jual, catat testimoni mereka. Sebuah testimoni dari mereka sangat berarti sebagai bukti keunggulan produk atau jasa yang anda tawarkan. Mereka mungkin akan mengatakn hal-hal yang tidak pernah anda pikirkan sebelumnya.

Nah, itulah beberapa hal yang harus dimiliki untuk Menjadi Internet Marketer Sukses dan Handal. Tentu bukan hal mudah untuk mewujudkannya, namun itu tidak mustahil selama kita mau bekerja keras dan sabar untuk merealisasikan bisnis online kita di internet.

Selamat mencoba, semoga sukses.

————————————-

Jika anda telah melakukan kesuksesan setelah menerapkan Tips Menjadi Internet Marketer Sukses dan Handal dari kami ini, jangan lupa untuk Share ke rekan, kerabat, keluarga, dan yang lainnya agar kesuksessan selalu menghampiri semuanya.

Dan jika anda ingin bekerjasama dengan kami, kami sangat mempersilahkan, Dengan senang hati kami akan bantu anda untuk menciptakan Website Impian Anda, Mendatangkan pengunjung ke web anda, membuatkan konten marketing untuk anda, atau mungkin membuatkan toko online untuk anda, kami siap membantu. Anda dapat menghubungi kami pada halaman kontak yang telah kami sediakan.

————————————–