Herugan.com –  Hard Disk Drive (HDD) Atau yang sering kita sebut Hard Disk merupakan sebuah perangkat keras (hardware) yang fungsinya sebagai media penyimpanan data pada komputer maupun laptop. Selain rentan dengan goncangan, Hard Disk sering kali dikhawatirkan dengan adanya bad sector (kerusakan). Sejauh ini orang sering mengabaikan betapa pentingnya perawatan Had Disk sejak dini agar tidak cepat bad sector. Karena hard disk merupakan media yang cukup penting dalam sebuah komputer karena semua system komputer kita semua tersimpan di hard disk. Jika hard disk sobat rusak entah itu mungkin kena virus, bad sector, maupun tidak terbaca oleh komputer dan lain sebagainya maka akan cukup merepotkan kita, bukan ?
cara mudah merawat hard disk dengan benar

cara mudah merawat hard disk dengan benar

Sering kali Herugan menjumpai kerusakan hard disk seperti partisi tidak terbaca, kena virus, loading lama saat membukan dokumen pada partisi tertentu, partisi hilang, dan masih banyak lagi. Itu semua dikarenakan pengguna lah yang kurang memahami dan sering mengabaikan tentang betapa pentingnya merawat hard disk itu sendiri. Langsung saja berikut 3 Tips dari Herugan Cara Mudah Merawat Hard Disk Laptop Dan PC Dengan Benar untuk meminimalisir kerusakan :
1. Defragment Hard Disk Secara Berkala
Defragment merupakan suatu proses dimana sebuah program yang berinduk pada operasi system komputer yang fungsinya untuk merapikan dalam suatu objek program yang sebelumnya telah teracak-acak, dengan menggunakan fasilitas defragment dari program akan tertata rapi kembali. Dan sekiranya akan membuat komputer sobat sedikit lega dan juga dapat mempercepat proses kerja komputer atau laptop sobat. Berikut Cara melakukan defragment dengan mudah dan cepat :
Pilih partisi/drive yang ingin sobat defrag, misalnya Drive C – lalu klik kanan Properties – Pada menu properties pilih Tools lalu lihat menu Defragment now.
Tunggu sampai selesai, setidaknya dengan melakukan defragment komputer sobat sedikit ringan dan terjaga dari kerusakan.
2. Lakukan Disk CleanUp
Disk Cleanup merupakan salah satu proses untuk membersihkan file-file sampah atau biasa disebut dengan file-file temporary yang sudah tidak terpakai, atau biasanya sisa-sisa dari file uninstall dari sebuah aplikasi. Berikut cara mudah melakukan disk cleanup :
Pilih partisi/drive yang ingin sobat defrag, misalnya Drive C – Properties – lalu pilih tab General – kemudian pilih Disk Cleanup
3. Berikan Space pada Hard Disk
Langkah ketiga ini merupakan langkah yang mudah yaitu sobat harus setidaknya menyisakan 20% dari total kapasitas hard disk agar kesehatan hard disk dapat terjaga dan agar hard disk dapat bekerja dengan ruang yang sedikit lega.
Demikian Cara Mudah Merawat Hard Disk Laptop Dan PC Dengan Benar. Setidaknya dengan mengikuti langkah -langkah diatas hard disk sobat dapat dicegah dari kerusakan.