Sebelum kita beranjak langsung ke pembahasan Keuntungan Digital Marketing dan Tugas Marketer Sesungguhnya, alangkah baiknya bila kita ketahui dahulu apa itu pemesaran digital atau yang sering disebut sebagai Digital Marketing. Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Dengan adanya ketergantungan pemasaran tanpa internet membuat bidang pemasaran digital menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel), menampilkan iklan spanduk, dan digital luar.

 
 

Pemasaran digital turut menggabungkan faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Hasil dari era baru berupa interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen. Pemasaran melalui digital sedang diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen.

Keuntungan Digital Marketing

Sebagai Penentu Market Modern
Selama ini mungkin yang ada dipikiran kita mengenai online marketing hanyalah mengenai jualan online saja. Walaupun anggapan tersebut sebetulnya tidak semuanya salah, karena memang dari definisinya sendiri, online marketing adalah cara pemasaran yang dilakukan dengan melalui internet yang di dalamnya tidak terlepas dari jual-beli barang atau jasa. Namun jika berbicara mengenai pemasaran, tentu hal tersebut tidak hanya sebatas meningkatkan penjualan saja. Akan tetapi jika sudah berbicara mengenai pemasaran tentu akan berbicara mengenai promosi, branding, serta membangun hubungan dengan pelanggan secara online.

Untuk Ajang Promosi Online
Pemasaran secara online adalah salah satu cara untuk menarik konsumen dengan promosi, branding dan juga membangun hubungan dengan pelanggan secara online melalui media internet. Tidak peduli bisnis atau produk apa yang dipromosikan, yang pasti internet adalah salah satu media paling efektif saat ini untuk meningkatkan brand. Cara-cara yang digunakan dalam membuat promosi online bisa dengan berbagai cara, salah satunya yang paling familiar menggunakan website. Yang mana website tersebut tentunya harus bersahabat dengan mesin pencari. Mengapa demikian ? Secara logika awam saja yaitu bahwa mayoritas mencari sesuatu menggunakan mesin pencari seperti google. Bila web yang dirancang sangat ramah di google, sudah pasti mendapat peluang teratas web tersebut untuk dikunjungi. Dari sinilah sudah jelas memberikan peluang besar ke penjualan.

Sebagai Sumber Pendapatan (income)
Selain mampu mempromosikan berbagai produk dan bisnis, pemasaran secara online juga dapat menjadi salah satu sumber pendapatan anda. Bahkan lebih dari itu, anda dapat membangun jaringan bisnis baru dari sistem pemasaran ini. Untuk memperoleh pendapatan dari pemasaran online dapat diperoleh dari hasil penjualan barang, jasa atau bisa juga produk digital dari web yang anda promosikan.

Inilah Tugas Pokok Digital Marketer Sesungguhnya

Tugas seorang digital marketer sebetulnya susah-susah gampang. Gampangnya adalah menjadi seorang yang bekerja dibidang digital marketing dapat bekerja di mana saja cukup dengan menggunakan laptop ataupun komputer. Akan tetapi susahnya menjalani tugas dalam digital marketing adalah ketika tidak mampu membuat para penggguna internet untuk tertarik dan betah berlama-lama membaca website yang telah dibuat. Selain itu juga menjadi seorang yang berprofesi dalam digital marketing harus senantiasa update mengenai berbagai info terbaru dan juga trend yang berkembang dimasyarakat. Caranya adalah dengan senantiasa memantau perkembangan sosial media.

Secara spesifik tugas digital marketing adalah menjadikan website selalu ramah di mesin pencari sekaligus berada dihalaman utama mesin pencari dan juga melakukan berbagai promosi dan branding dengan cara yang halus. Untuk melakukan itu semua, hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

Membuat Web Profesional dan Berkonten Online Marketing
Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat sebuah situs website yang profesional user friendly dan berisi konten pemasaran baik itu untuk promosi produk pribadi ataupun produk perusahaan. Seorang digital marketer harus mempunyai keahlian untuk merangkai kata dalam satu artikel yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu produk pada pembaca.

Ingin website professional, user friendly, berkonten online marketing dan ramah di google? Langsung saja anda konsultasikan kepada Herugan Web Developer dengan menghubungi kami via email : herugan@gmail.com atau langsung ke nomor WA/LINE : 0856 4 3850038.

Membuat Perancanaan Untuk Promosi
Hal kedua yang menjadi tugas digital marketing adalah menyusun perencanaan untuk promosi. Perencanaan promosi ini sangat penting untuk melakukan evaluasi dikemudian hari jika cara-cara yang telah dilakukan masih belum berhasil.