Konsep Digital Marketing Yang Tepat mampu Meroketkan Omzet untuk memaksimalkan bisnis online anda, itu yang harus diketahui dahulu sebelum mempelajari strategi digital marketing. Supaya pemasaran dalam bisnis anda tepat dan sesuai harapan atau yang anda cita-citakan selama ini, dan konsep pemasaran digital dapat anda temukan disini. Bagi anda yang baru ingin memulai di dunia digital marketing atau pemasaran online, tentunya anda bertanya-tanya apa itu digital marketin, benar bukan? Digital marketing adalah suatu strategi pemasaran, kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk maupun jasa yang dilakukan oleh perusahaan, organisasi atau bahkan individu untuk memasarkan produk atau jasa mereka menggunakan media digital atau internet.

Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat untuk membeli produk ataupun jasa yang mereka tawarkan tanpa harus bertatap muka layaknya membeli di toko konvensional pada umumnya. Hal demikianlah yang menjadikan Digital Marketing lebih unggul dibanding dengan pemasaran offline.

Sebagai contoh digital marketing beberapa diantaranya yaitu : Apakah Anda pernah melihat suatu brand atau produk perusahaan yang melakukan campaign digital (kampanye online)? Atau mungkin Anda juga pernah melihat website, social media perusahaan? Belakangan ini semua hal tersebut tentu saja sering Anda lihat. Hal-hal demikian disebut dengan digital marketing. Seiring dengan kemajuan teknologi, trend di dunia bisnis juga semakin bervariasi. Salah satunya adalah tren digital marketing.

Digital marketing dipercaya sebagai strategi pemasaran masa depan yang paling efektif untuk melakukan promosi produk atau jasa di internet. Banyak strategi yang dapat dijalankan seperti: E-commerce, Affilliate Marketing, internet marketing local, dan bahkan bisnis kategori menengah ke bawah kini menggunakan strategi pemasaran digital marketing. Kita harus bisa memilih jalan terbaik untuk mendapatkan penghasilan jika terlibat dalam Digital Marketing.

 

Konsep Digital Marketing Yang Tepat dan Terbaik Untuk Meroketkan Omzet Bisnis Anda

Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas, sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan. Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat content yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya. Berikut ini merupakan contoh konsep digital marketing atau pemasaran digital terbaik :

SEO (Search Engine Optimization)

 
 

Hingga saat ini teknik SEO masih menjadi yang terbaik untuk strategi pemasaran digital. SEO merupakan suatu konsep digital marketing yang bisa Anda jalankan sekarang ini. SEO merupakan strategi pemasaran online yang bisa Anda jalankan dengan umur jangka panjang dan proses yang cukup panjang pula. Tetapi, tidak perlu khawatir untuk harga yang harus Anda bayarkan tidak begitu mahal dibanding dengan strategi digital marketing lainnya. Saat ini, memiliki konten penulisan yang bagus adalah strategi pemasaran online yang masih digunakan oleh para praktisi digital marketing, walau terkesan sudah kuno namun ini dinilai masih efektif. Anda bisa menggunakan ini untuk Jasa SEO terterbaik dan terpercaya : SEO EXPERT atau ORGANIC SEO

Optimasi konten web dengan Content Marketing

Mengapa ? Jawabannya adalah CONTENT IS KING. Anda harus bisa membedakan bagaimana menyajikan suatu konten di media online dan media cetak, karena tentu hal tersebut akan sangat berbeda. Untuk media online orang-orang akan lebih suka membaca atau melihat konten yang singkat dan tidak muluk-muluk, hingga memberi informasi yang menarik dan bermanfaat untuk mereka. Tampa adanya unsur-unsur petunjuk pada konten yang Anda sajikan, pengunjung pada blog atau website Anda akan merasa bosan dan dengan segera meninggalkan website Anda tanpa ragu. Pastikan Anda menyediakan juga gambar-gambar yang menarik, agar konten tidak terlihat membosankan.

PPC (Pay Per Click) Advertising

Konsep digital marketing selanjutnya yang bisa dijalankan adalah menggunakan iklan bayar per-klik. Facebook dan Google adalah platform yang menyediakan fitur ini kepada penggunanya. Facebook dengan FB Ads, dan Google dengan Google Adword. Tujuannya tentu agar bisnis yang dijalankan oleh penggunanya berjalan dengan baik. Keuntungan dari iklan ini adalah harganya yang terjangkau, jadi Anda hanya perlu membayar yang berhasil saja. Setiap klik yang dilakukan oleh pengujung itulah yang harus Anda bayarkan. Pastinya, iklan Anda akan dibuat sesuai dengan keyword yang menjadi target. Jadi, pengunjung yang datang ke website Anda adalah pengunjung yang sangat potensial.

SMM (Social Media Marketing)

Tidak bisa diragukan lagi sosial media merupakan salah satu strategi yang paling populer dalam dunia digital marketing. Para penyedia jasa digital marketing pasti akan melibatkan sosial media dalam setiap rencana mereka. Pertanyaannya adalah, sosial media apa yang sedang populer saat ini? Tujuan promosi bisa dilakukan di hampir segala jenis sosial media, namun bisa dikatakan Instagram dengan Instagram Stories mereka adalah trend saat ini. Sekitar 300 juta pengguna harian aktif Instagram Stories tercatat pada bulan November, tahun 2017 lalu. Hal ini berarti sekitar 60% pengguna Instagram memanfaatkan fitur ini untuk berbagi konten dan cerita. Angka ini diperkirakan akan semakin meningkat kedepannya, jadi mengapa tidak memanfaatkannya untuk tujuan marketing? Untuk memanfaatkannya, pergunakan susunan foto yang menarik dan buat cerita yang singkat, orisinil, serta beda dari yang lain untuk lebih menarik perhatian orang.

Kelebihan Digital Marketing dibandingkan Pemasaran Offline/Konvensional

Banyaknya digital marketing yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan, membuktikan bahwa digital marketing memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh. Berikut beberapa kelebihan dari digital marketing dibandingkan dengan marketing konvensional :

1. Cepat dan Tepat

Strategi pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Selain itu, digital marketing juga dapat diukur secara realtime dan tepat.

2. Evaluasi Mudah

Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi seperti berapa lama produk Anda ditonton, berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan, dan sebagainya. Setelah mengetahui informasi-informasi macam itu, selanjutnya Anda dapat melakukan evaluasi mana iklan yang baik dan buruk. Sehingga Anda dapat memperbaiki untuk periode berikutnya.

3. Jangkauan Pemasaran Luas

Kelebihan berikutnya yaitu jangkauan geografis dari digital marketing yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.

Penerapan Konsep Digital Marketing

Setelah mengetahui beberapa konsep dasar dari digital marketing, sebaiknya anda sekarang harus memulai pemasaran menggunakan media digital, terdapat beberapa hal yang perlu Anda siapkan, yaitu :

  1. Siapkan alat yang digunakan untuk melakukan pemasarannya. Beberapa alat bantu yang dapat digunakan dalam digital marketing seperti: website, akun social media, identitas brand dan produk, posting-an blog, jejak online (review, testimoni, feedback dari pelanggan,dan lain-lain). Dalam dunia digital marketing, alat bantu ini merupakan aset bagi Anda, jadi uruslah dengan baik.
  2. Siapkan content yang menarik perhatian dan shareable. Content dapat berupa foto, video, tulisan, atau yang lainnya.
  3. Anda dapat memulai posting dan selanjutnya evaluasi setiap posting-an di setiap social media yang dimiliki, tentukan mana yang memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa aset yang memberikan feedback yang baik bagi bisnis Anda.
  4. Langkah selanjutnya,yang dapat dilakukan adalah masuk dan bergabunglah dengan forum marketplace publik. Usahakan profil bisnis Anda bagus, karena akan berpengaruh terhadap citra brand.

Setelah mengetahui tentang digital marketing, untuk kesuksesan dan kelancaran bisnis Anda tentu juga harus didukung perencanaan keuangan yang baik. Melakukan penghitungan, pelaporan, dan analisa keuangan merupakan kegiatan pendukung untuk melakukan strategi pemasaran.