Belakangan ini Facebook dihebohkan dengan video yang cukup menarik perhatian setiap pengguna Facebook. Termasuk Herugan pun sempat penasaran karena sering dapat Tag teman Facebook dengan adanya video tersebut. Video yang berjudul “Gadis Mabuk Setelah Pesta” sempat membuat Herugan resah dengan keberadaannya. Berawal Dari rasa penasaran dan resah itulah kini terjawab sudah mengenai Video tersebut. Tak lain dan tak bukan merupakan Sebuah Malware (Malicius Software), yaitu software/perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer.

mallware gadis mabuk di facebook

Yang perlu di waspadai bila anda menggunakan Browser Google Chrome. Mengapa? Jika calon korbannya mengklik postingan di wall Facebook ‘gadis mabuk’ dan kebetulan menggunakan peramban Google Chrome, maka ia akan diarahkan ke situs phishing http://atasberita.info/gadis (situs ini sudah tidak aktif). Situs phishing ini akan memberikan tampilan yang sangat mirip dengan YouTube, namun bila pengguna mencermati dengan baik dan melihat alamat situs maka jelas bahwa yang diakses bukan YouTube melainkan atasberita.info/gadis. Tidak lupa pada tampilan video tersebut diberikan pesan Anda harus menggunakan plugin tertentu untuk menonton video ini. Jika korban melakukan klik pada video atau pesan plugin tersebut maka akan muncul konfirmasi instalasi Google Chrome Extension (sebagai catatan bukan plugin/codec tetapi Google Chrome Extension) dengan nama Atas Berita.

Supaya si korban tidak mencurigai telah menginstalkan extension jahat, setelah berhasil menginstalkan Chrome Extension, pembuat malware ini dengan cerdik menampilkan video YouTube ‘Drunk Girls Video Compilation 2013’ bagi korbannya dari YouTube. Seperti Gambar Berikut :

gadis mabuk facebook

Jika korbannya sudah melihat video tersebut, pasti mengira bahwa video tersebut adalah “Gadis Mabuk Setelah Pesta” dan tidak menaruh curiga. Pada saat inilah, di KOMPUTER/LAPTOP ANDA telah bersarang malware (dalam bentuk Google Chtomer Extension) yang secara rutin akan melakukan posting ‘gadis mabuk’ secara reguler dari akun Facebooknya dan selain itu ia juga akan melakukan tag pada teman-teman Facebook akun yang bersangkutan. Woooww… bila itu terjadi, mungkin teman-teman facebook korban mengira bahwa si korban telah menonton video yang tidak senonoh. Benar Bukan ? Dan perlu diwaspadai bahwa : Secara periodik malware ini akan melakukan selfie (posting) di wall Facebook Anda.

Lalu bagaimana bila anda telah menjadi korban Malware “Gadis Mabuk Setelah Pesta” Di Facebook tersebut ? Berikut beberapa hal cara mengatasinya yang perlu anda lakukan :

  • Hapus Chrome Extension jahat tersebut, dengan cara : ketikkan chrome://extensions pada google chrome anda.
  • Cari ekstensi dengan nama Atas Berita atau ekstensi lain yang mencurigakan, kemudian klik icon tempat sampah dan hapus, perhatikan gambar berikut :

hapus chrome extensions

  • Matikan dan restart Google Chrome Anda.
  • Ganti Password akun Facebook anda.
 
 

 

Demikian Ulasan mengenai Malware “Gadis Mabuk Setelah Pesta” Di Facebook Dan Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat bagi kita semua…