Manfaat Sosial Media jika digunakan untuk bisnis online salah satunya yaitu produk atau jasa semakin terkenal dengan cepat. Dikarenakan keadaan modernisasi yang benar-benar telah mengubah kebiasaan masyarakat kita. Jika sebelumnya penyebaran informasi hanya dilakukan melalui media cetak dan elektronik, kini informasi secara cepat dapat tersebar dengan baik melalui media internet, khususnya melalui jejaring sosial. Dari situlah mayoritas masyarakat menggunakan sosial media yang saling berinteraksi satu sama lain. Dengan keaadaan seperti inilah peluang untuk memasarkan suatu produk atau jasa semakin gemilang. Melalui media sosial telah membentuk ruang publik, di mana masyarakat bebas mengekspresikan pendapat atau aktivitasnya. Sebelum berbicara lebih jauh tentang apa saja Manfaat Sosial Media Untuk Bisnis Online, perlu diketahui bahawa menurut survei yang dilakukan oleh Candytech pada tahun 2011, Indonesia menjadi negara terbesar kedua setelah Amerika Serikat sebagai pengguna Facebook terbanyak, yakni hampir mencapai 34 juta anggota, atau tepatnya 33.920.020 anggota. Hal Ini tentu menjadi peluang bagi mereka yang ingin mendapatkan kesempatan untuk melakukan bisnis onlineterbaik.

 
 

Media sosial dianggap sebagai strategi jitu untuk memasarkan produk atau jasa secara online. Namun, media sosial tak hanya terpaku pada Facebook saja. Melainkan, juga terdapat Twitter, Google+, blog, forum, Linkedln, Pinterest, dan lain-lain. Jadi, bagaimana cara Anda untuk menetapkan media sosial sebagai langkah untuk strategi pemasaran Anda? Dalam kesempatan ini akan kita bahas secara lengkap mengenai manfaat sosial media untuk bisnis. Langsung saja berikut ulasan selengkapnya :

Kita bisa mengetahui berbagai macam-macam Manfaat Sosial Media Untuk Bisnis Online, Berikut beberapa tips dan trik untuk Anda mengenai cara-cara mendapatkan keuntungan memanfaatkan media sosial Anda untuk bisnis online yaitu sebagai berikut :

  1. Anda dapat mengupdate status di jejaring sosial manapun untuk mempromosikan produk Anda, asalkan produk Anda tersebut adalah asli dan memang benar adanya. Jadi, para pengguna situs jejaring sosial online tersebut bisa melihat produk Anda secara langsung dan menjadi penasaran mengenai produk yang Anda tawarkan.
  2. Jadi, ketika konsumen ingin membeli produk Anda, bisa memastikan bahwa bisnis online Anda benar aktif menggunakan jejaring sosial tersebut yang mana para konsumen bisa memastikan juga kebenaran bisnis online yang mereka kunjungi dan jadi para pembeli tersebut bisa melakukan transaksi di bisnis online yang Anda buat.
  3. Anda bisa menggunakan bisnis online untuk melejitkan produk Anda untuk meningkatkan kepercayaan konsumen melalui bisnis online tersebut, maka Anda bisa mengupdate produk terbaru Anda sehingga bisa meyakinkan para pembeli atau konsumen Anda untuk berbelanja di toko online Anda yang sedang Anda jalankan.
  4. Jadi, Bisnis toko online Anda dapat meningkatkan kepercayaan para konsumen dengan melakukan transaksi jual beli dan Anda memberikan informasi terbaru mengenai produk yang Anda tawarkan serta Anda bisa menjawab dengan cepat pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh konsumen Anda melalui jejaring media sosial yang Anda punyai.

 

Langsung saja berikut pembahasan lengkap mengenai Sosial Media untuk bisnis, mencakup : Manfaat Sosial Media, panduan sosial media untuk bisnis, strategi pemasaran dengan sosial media, dan daftar nama-nama sosial media terbaik untuk bisnis online.

Manfaat Sosial Media, panduan sosial media untuk bisnis, strategi pemasaran dengan sosial media, dan daftar nama-nama sosial media terbaik untuk bisnis online.

Manfaat Sosial Media Untuk Bisnis Online Agar Sukses

Berikut adalah keuntungan dan Manfaat Sosial Media bagi bisnis online terbaik Anda:

Dapat memperluas Jaringan

Sosial media jika digunakan sebagai strategi pemasaran, hal tersebut akan memungkinkan Anda untuk memperluas jaringan customer. Sehingga, akan memungkinkan lebih banyak orang melihat produk-produk Anda yang tidak biasa terjangkau dengan media iklan lainnya. Intinya, dengan menggunakan media sosial, Anda memiliki kesempatan untuk terus tumbuh dan menjalin hubungan dengan customerpotensial hanya dengan terus aktif dalam media tersebut.

Meningkatkan Visibilitas

Anda dapat menggunakan media sosial untuk membiarkan customer tahu dan terus mengikuti apa produk atau jasa terbaru yang Anda tawarkan. Ketika Anda memberikan penawaran-penawaran besar, maka calon customer akan lebih mungkin untuk berbagi dan menyebarkan bisnis Anda ke teman, keluarga, yang juga tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Terlebih, jika Anda telah memiliki banyak followers (pengikut)  dalam akun bisnis dalam media sosial, maka tinggal bagaimana cara Anda untuk memberikan penawaran-penawaran terbaik untuk meraih hati customer. Sebagai Contoh : Anda dapat melihat akun Twitter pada Lazada. Dalam capture di atas dapat dilihat bahwa Lazada memiliki followers sebanyak 73,2K atau yang setara dengan 73 ribu lebih follower. Dengan banyaknya followers pada akun Lazada, hal tersebut semakin memungkinkan Lazada memperoleh jangkauan pasar yang lebih luas lagi.

Mampu Meningkatkan Loyalitas dengan Konten

Anda dapat menggunakan konten online dengan tujuan agar publik tahu lebih banyak tentang bisnis yang sedang Anda jalankan dan bagaimana cara Anda dalam menangani customer Anda. Misalnya, Anda ingin berjualan online dan menerapkan sistem dropship dengan mengambil produk dari suatu toko online. Setelah mempunyai produk, Anda bingung harus memulainya dari mana untuk menjual produk secara online. Untuk itu, Anda harus mencari konten-konten yang dapat memberikan edukasi untuk Anda, ini akan membantu customer untuk menambah pengetahuan tentang produk yang anda tawarkan.  Nah, itulah mengapa menambahkan konten baru yang banyak dibutuhkan merupakan sesuatu hal yang wajib dilakukan untuk menciptakan hubungan baik dengan customer potensial. Hal tersebut juga untuk meningkatkan loyalitas merek dan jaringan customer. Bahkan, dalam konten tersebut, Anda juga bisa menyisipkan soft selling dengan menyinggung beberapa produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Mampu Mengetahui keinginan customer

Manfaat sosial media yang tak kalah penting selanjutnya adalah dapat mengetahui tentang keinginan customer mengenai produk yang ditawarkan dan juga anda harus bersiap-siap menerima saran ataupun kritikan dari customer melalui kolom komentar. Jika ada saran terkait dengan permintaan baru sebuah produk, maka Anda juga harus berusaha untuk memenuhi permintaan calon customer tersebut. Pun jika terdapat kritikan untuk bisnis online Anda, maka jangan ragu untuk memberikan tanggapan atau menawarkan solusi terhadap masalah-masalah yang muncul.

Panduan untuk Menggunakan Media Sosial Sebagai Pemasaran

Sebelum Anda menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, pertama yang harus Anda ketahui adalah, apa tujuan bisnis Anda? Apa target yang ingin Anda capai dengan melakukan pemasaran melalui media sosial? Siapakah target market Anda, dan bagaimana mereka menggunakan media sosial? Apa pesan yang ingin Anda sampaikan ke calon customer melalui media sosial nanti? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya harus Anda temukan terlebih dahulu jawabannya. Hal ini sebagai rencana untuk memantapkan strategi pemasaran Anda dengan bantuan media sosial.

Pada intinya, strategi pemasaran melalui sosial media yakni untuk mengembangkan tujuan Anda. Misalnya seperti:

  • Mendapatkan traffic ke situs website Anda
  • Konversi
  • Kesadaran akan sebuah merek
  • Menciptakan identitas merek
  • Komunikasi dan interaksi dengan calon customer

Strategi Pemasaran Bisnis Online Terbaik dengan Memanfaatkan Media Sosial

Berikut adalah beberapa tips untuk strategi pemasaran media sosial agar tetap pada jalur yang benar!

  • Perencanaan: Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dengan menentukan rencana pemasaran melalui media sosial sangat lah penting. Untuk itu, ada baiknya untuk Anda melakukan survei kata kunci dan memikirkan ide terkait dengan konten yang dapat menarik target market Anda.
  • Konten Penentu: Pastikan Anda menawarkan informasi menarik yang idealnya dibutuhkan oleh calon customer Anda. Agar konten Anda tidak terkesan membosankan, Anda dapat secara bergilir menjadwalkan antara konten text, gambar, video, ataupun info grafik.
  • Konsisten Terhadap Brand Image: Menggunakan sosial media untuk pemasaran akan memproyeksikan citra merek Anda di berbagai platform media sosial. Sementara masing-masing platform media sosial mempunyai karakteristik dan target pengguna berbeda-beda, namun identitas bisnis online terbaik yakni dengan tetap konsisten mempertahankan Brand Image
  • Blog: Blog sendiri adalah alat pemasaran yang memungkinkan Anda berbagi tentang berbagai macam informasi dan konten dengan pembaca di media sosial dalam jumlah besar.
  • Link: Ketika menggunakan media sosial untuk strategi pemasaran, terutama jika Anda mengandalkan pemasaran dengan cara berbagi konten asli dan unik untuk mendapatkan followers dan fans, maka jangan ragu untuk memberikan link dari konten luar. Jika link tersebut mempunyai sumber yang kuat dan meyakinkan, ditambah dengan topik konten yang menarik dan ingin diketahui oleh banyak orang, hal tersebut sah-sah saja.
  • Mengukur Keberhasilan dengan Analytics:  Anda tidak dapat menentukan keberhasilan dalam menjalankan strategi pemasaran menggunakan media sosial, tanpa adanya pengukuran yang jelas. Google Analytics dapat digunakan sebagai alat yang dapat membantu Anda mengukur keberhasilan ketika Anda menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran. Google Analytics akan menunjukkan tag pelacakan strategi pemasaran, sehingga dapat memantau keberhasilan pemasaran melalui media sosial.

Media Sosial Terbaik Untuk Bisnis Online

Berikut adalah kumpulan gambaran singkat tentang media sosial terbaik untuk bisnis online. Berbagai situs media pemasaran media sosial akan memerlukan teknik yang berbeda-beda. Jadi, kembangkan strategi yang sesuai dengan  platform yang Anda pilih. Dan sekarang sebaiknya anda mulai memilih media sosial terbaik untuk bisnis online dan promosi bisnis berikut ini :

Facebook

Bila berbicara sosial media untuk bisnis, sejauh ini Facebook lah yang masih merajai. Bagi para pelaku bisnis online yang sudah cukup lama menggunakan media sosial, tentu sangat mengerti bagaimana keampuhan berjualan online di Facebook ini. Para pedagang online biasanya menggunakan fitur Facebook fan page untuk mempromosikan berbagai produk yang mereka jual di internet. Sebenarnya cara memulainya cukup mudah dan cepat. Tentunya Anda sudah memiliki akun Facebook terlebih dahulu ya. Langkah pertama adalah membuat Facebook Fan Page untuk bisnis jualan online Anda. Buatlah informasi mendetail tentang bisnis Anda di Fan Page tersebut dan rajinlah memposting konten ke dalamnya.

Untuk menjangkau lebih banyak orang, biasanya para pebisnis online akan memanfaatkan fitur Facebook Ads. Fitur periklanan ini hanya bisa digunakan melalui Facebook Fan Page. Selain Fan Page, Anda juga bisa membuat group Facebook, di mana isinya adalah fokus membahas topik tertentu yang sangat berhubungan dengan produk yang Anda jual. Ini opsi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan trafik ke bisnis Anda.

Instagram

Setelah facebook pada urutan pertama sebagai sosial media terbai untuk bisnis, selanjutnya di urutan kedua ada Instagram sebagai media sosial terbaik untuk jualan online di pasar Indonesia. Bukan tanpa alasan, media sosial berbasis gambar dan video singkat ini sangat efektif untuk menarik perhatian para penggunanya dengan menggunakan gambar dan video unik. Gambar-gambar yang unik dan menarik yang diunggah di Instagram bisa memanjakan mata para pengguna Instagram sehingga mereka mau berlama-lama melihat berbagai gambar dan video di sana. Seperti prinsip orang berbisnis, di mana ada keramaian maka di sana ada peluang usaha yang menguntungkan. Tidak heran jika sekarang ini ada banyak orang menggantungkan hidupnya dengan berbisnis online via Instagram. Bukan hanya berjualan produk saja, ada banyak sekali jenis bisnis yang bisa kita temukan di Instagram.

Twitter

Media sosial terbaik untuk promosi bisnis online di Indonesia adalah Twitter. Facebook dan Twitter memang berseteru sejak lama dalam merebut perhatian pengguna aplikasi media sosial. Walaupun digunakan berjualan online tidak sebanyak Facebook, terbukti bahwa Twitter masih dipercaya oleh para pedagang online untuk memasarkan produk mereka. Keterbatasan fitur Twitter adalah salah satu masalah dalam penggunaan Twitter sebagai media pemasaran jualan online. Namun, bila Anda memiliki followers tertarget di Twitter maka pemasaran produk apapun akan sangat efektif melalui Twitter. Misalnya, jika target market Anda adalah para wanita, maka upayakan untuk berinteraksi dengan followers seputar dunia wanita dan kebutuhan mereka karena wanita biasanya suka diperhatikan dan cenderung suka berbelanja.

YouTube

Media sosial berbasis video ini terbukti sangat ampuh untuk jualan online. Kenapa saya bilang sangat ampuh? Ada pergeseran minat pengguna internet saat ini. Yang dulunya lebih suka membaca artikel, sekarang rata-rata pengguna internet lebih suka melihat konten yang interaktif, misalnya video. Inilah alasan kenapa YouTube saya katakan sangat ampuh untuk jualan online. Hal ini ditambah lagi dengan kenyataan bahwa koneksi internet di Indonesai sudah semakin cepat. Brand besar yang beriklan di YouTube biasanya tujuannya untuk branding. Tapi bagi para pedagang online kecil-kecilan, penggunaan YouTube sebagai sarana untuk jualan online sudah sangat sering dilakukan. Tidak terlalu sulit untuk membuat sebuah video untuk jualan online, kita bisa menggunakan kamera smartphone lalu mengunggah video tersebut ke channel YouTube kita.

Pinterest

Pinterest boleh dibilang seperti sebuah etalase toko, di mana pemiliknya bisa menampilkan foto-foto terbaik produk yang ingin dipasarkan. Media sosial ini sangat banyak digunakan oleh para fotografer dan juga para pemilik bisnis untuk memamerkan foto produk atau karya mereka. Para pengguna Pinterest bisa mengoptimalkan konversi penjualan mereka dengan mendesain foto produk sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik dan profesional. Seperti kata pepatah, sebuah gambar yang menarik bisa mewakili seribu kata.

Linkedln

Linkedln adalah salah satu situs pemasaran media sosial yang lebih profesional. Grup Linkedln adalah tempat yang sempurna untuk memasuki sebuah diskusi profesional dengan orang-orang yang berada di industri yang sama dan menyediakan tempat untuk berbagi konten secara individu. Buatlah profil Linkedln Anda lebih meyakinkan. Rekomendasi pada profil Linkedln akan membuat bisnis Anda muncul lebih kredibel dan dapat diandalkan oleh customer baru. Telusuri juga pertanyaan yang ada di Linkedln. Memberikan jawaban akan membantu Anda mendapatkan simpatik dan memperoleh kepercayaan customer.