Kepribadian (Personality)

Merupakan semua corak prilaku dan kebiasan individu yang terhimpun dalam dirinya dan digunakan untuk bereaksi serta menyesuaikan diri terhadap segala rangsangan baik dari luar maupun dari dalam. Kepribadian dapat juga diartikan sebagai ciri, karakteristik, gaya atau sifat khas yang dihubungkan dari diri kita.

Tipe-tipe Kepribadian Berdasarkan Aspek Biologis Manusia, yaitu sebagai berikut :

1. Sanguin (Darah Panas)

Sanguin merupakan tipe orang yang gembira, hatinya senang, mudah membuat orang tertawa, dan memberi semangat kepada orang lain. Kelemahan dari sanguin adalah jika bertindak sesuai dengan emosi atau keinginannya.

tipe kepribadian berdasarkan aspek biologis manusia

tipe kepribadian berdasarkan aspek biologis manusia

2. Plegmatik/Plegmatis (Dingin Lendir)

Plegmatis merupakan tipe orang yang cendrung tenang, dari luar cendrung tidak beremosi, tidak menunjukan perasaan selain senang atau sedih. Naik turunya emosi tidak nampak jelas. Tipe ini cendrung lebih menguasai diri dengan baik, Ia selalu introspeksi diri. Kelemahan dari plegmatis adalah suka memilih jalan pintas.

3. Melankolik/Melankolis (Empedu Hitam)

Melankolis merupakan tipe orang yang terobsesi dengan karya yang paling bagus dan sempurna, Ia memang mengerti estitika keindahan hidup dan perasaanya sensitif. Kelemahan dari tipe ini adalah mudah sekali dikuasi perasan-perasan murung yang mendasari hidupnya sehari-hari

4. Kolerik/Koleris

Koleris merupakan tipe orang yang berorientasi pada pekerjaan dan tugas, memiliki disiplin tinggi, kelebihannya dapat melakukan tugas dengan setia dan bertanggung jawan. kelemahan dari tipe ini adalah kurang empati.

Itulah tipe-tipe kepribadian manusia, semoga Agan dan sista dapat mengenali tipe kepribadiannya masing-masing serta dapat memperbaiki diri secara terus menerus untuk membentuk pribadi yang sempurna (personality Plus).