Pengertian, Karakteristik, dan Macam Cryptosystem – Kali ini Herugan akan berbagi sedikit pengetahuan tentang Pengertian, Karakteristik, dan Macam Cryptosystem. Daripada file hanya di simpan di lepi, eh maksudnya laptop, mungkin akan lebih berguna jika Herugan publish di web Herugan ini. Itung-itung bernostalgia, mengenang saat-saat masih kuliah dahulu. Ok kalau begitu, tidak usah panjang lebar berikut penjelasannya. Ngomong-ngomong boleh kok di copy, di copy -> save, di copy -> share ataupun di copy paste lalu di print buat tugas sobat silahkan tidak masalah. Namun alangkah baiknya disertakan Link Sumber nya yah.. ^_^ Thanks..

Pengertian, karakteristik, macam CRYPTOSYSTEM
Pengertian Cryptosystem :

Cryptographic system (kriptografi sistem) atau cryptosystem (kriptosistem) adalah suatu fasilitas untuk mengkonversikan plaintext ke ciphertext dan sebaliknya. Dalam sistem ini, seperangkat parameter yang menentukan transformasi pencipheran tertentu disebut suatu set kunci. Proses enkripsi dan dekripsi diatur oleh satu atau beberapa kunci kriptografi.

Karakteristik Cryptosystem :

  1. Keamanan sistem terletak pada kerahasiaan kunci dan bukan pada kerahasiaan algoritma yang digunakan.
  2. Cryptosystem yang baik memiliki ruang kunci (keyspace) yang besar.
  3. Cryptosystem yang baik akan menghasilkan ciphertext yang terlihat acak dalam seluruh tes statistik yang dilakukan terhadapnya.
  4. Cryptosystem yang baik mampu menahan seluruh serangan yang telah dikenal sebelumnya.

Macam Cryptosystem :

  1. Symmetric Cryptosystem

Dalam symmetric cryptosystem ini, kunci yang digunakan untuk proses enkripsi dan dekripsi pada prinsipnya identik, tetapi satu buah kunci dapat pula diturunkan dari kunci yang lainnya. Kunci-kunci ini harus dirahasiakan. Oleh karena itulah sistem ini sering disebut sebagai secret-key ciphersystem. Jumlah kunci yang dibutuhkan umumnya adalah :

nC2  = n . (n-1)
——–
2

dengan n menyatakan banyaknya pengguna.
Contoh dari sistem ini adalah Data Encryption Standard (DES), Blowfish, IDEA.

  1. Assymmetric Cryptosystem

Dalam assymmetric cryptosystem ini digunakan dua buah kunci. Satu kunci yang disebut kunci publik (public key) dapat dipublikasikan, sedang kunci yang lain yang disebut kunci privat (private key) harus dirahasiakan. Proses menggunakan sistem ini dapat diterangkan secara sederhana sebagai berikut : bila A ingin mengirimkan pesan kepada B, A dapat menyandikan pesannya dengan menggunakan kunci publik B, dan bila B ingin membaca surat tersebut, ia perlu mendekripsikan surat itu dengan kunci privatnya. Dengan demikian kedua belah pihak dapat menjamin asal surat serta keaslian surat tersebut, karena adanya mekanisme ini. Contoh sistem ini antara lain RSA Scheme dan Merkle-Hellman Scheme.

Sekian pembahasan mengenai Pengertian, Karakteristik, dan Macam Cryptosystem, semoga bermanfaat.