Sebelum ke topik pembahasan mengenai Contoh CMS Terpopuler, sebelumnya kita tahu dahulu apa itu CMS. CMS (Content Management System) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web, atau singkatnya dalam bahasa indonesia adalah sistem manajemen konten. Dimana user dapat dengan mudah memanag suatu konten dalam sebuah website, dengan CMS user juga dapat dipermudah dalam membuat website karena hanya perlu installasi saja, Tampilan website sudah dikemas secara rapi dalam sebuah template website, user juga dapat mendownload template tersebut secara gratis pada situs CMS tertentu atau situs pengembang CMS terkait.

Pengertian/Definisi dari CMS (Content Management System)

Pengertian/Definisi dari CMS (Content Management System)

Arti lain dari CMS yaitu merupakan sistem yang berorientasi terhadap konten. Sudah bukan merupakan kendala yang berarti bagi manajemen atau humas suatu perusahaan/institusi/organisasi untuk memperbaharui situs webnya. Dengan hak akses dan otoritas masing-masing, setiap bagian dari perusahaan/intitusi/organisasi dapat memberikan kontribusinya kedalam website tanpa prosedur yang sulit.

Ada ratusan CMS yang terkenal dan juga digunakan untuk membangun website-website populer di internet. Berikut Contoh CMS (Content Management System) terpopuler yang banyak digunakan kebanyakan orang, misalnya:

1. wordpress.

2. Joomla.

3. Drupal.

4. Opencart (untuk toko online)

5. Prestashop (untuk toko online)

6. phpBB (untuk forum)

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian CMS beserta contoh-contoh CMS, semoga dapat membantu. ^_^