Sebelum menuju pada perbedaan antara sistem pakar (Expert system) dengan Sistem Pendukung Keputusan “DSS” (Decision Support System), kita cari tahu dahulu apa pengertian dari sistem pakar dan sistem pendukung keputusan (DSS). Berikut pembahasannya:

Sistem pakar atau lebih dikenal dengan Expert system yaitu : Merupakan aplikasi komputer yang dibuat seseorang dengan tujuan untuk membantu pengambilan keputusan atau pemecahan masalah dalam bidang yang lebih spesifik/detail.

Sistem Pendukung Keputusan atau lebih dikenal dengan DSS (Decision Support System) yaitu : Suatu Sistem berbasis komputer yang dirancang dengan tujuan untuk mempertinggi efektifitas pengambilan keputusan dari suatu masalah semi terstruktur. Pada Sistem Pendukung Keputusan ini sudah dikaitkan dengan proses pengambilan keputusan yang spesifik.

Perbedaan Sistem Pakar dan Sistem Pendukung Keputusan (DSS)

Pengertian, Perbedaan Sistem Pakar dan Sistem Pendukung Keputusan (DSS)

Perbedaan Sistem Pakar (Expert system) dan Sistem Pendukung Keputusan (DSS):

  1. DSS terdiri dari routine merefleksikan keyakinan manajer dalam caranya memecahkan masalah. Keputusan yang dihasilkan oleh DSS merefleksikan gaya kemampuan manajer, sebaliknya expert sistem memberikan peluang untuk mendapatkan kemampuan dalam membuat keputusan melebihi kemampuan yang dimiliki manajer.
  2. Expert System mempunyai kemampuan untuk menjelaskan jalur penalaran yang diikuti pencapaian pemecahan tertentu, penjelasan mengenai bagaimana pemecahan dicapai akan lebih berguna dari pada pemecahan itu sendiri.
  3. DSS menggunakan database, ES menggunakan knowledge base
  4. DSS berbasis pada permodelan, ES berbasis pada konsultasi.
 
 

 

Sekian pembahasan mengenai Perbedaan Sistem Pakar dengan Sistem Pendukung Keputusan, semoga membantu.. ^_^