Semua Fakta Tentang Google Yang Pasti Belum Anda Ketahui dapat anda simak pada ulasan berikut ini. Orang tau Tentang Google pastinya sebagai mesin pencari. Namun sebenarnya tidak hanya itu saja, selain sebagai perusahaan raksasa teknologi dunia ternyata Google juga mempunyai sejumlah fakta yang belum banyak tau sepenuhnya. Secara umum, nyaris semua orang di dunia yang semakin modern ini pernah menggunakan salah satu produk dari perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini. Mulai dari mesin pencari, sistem operasi Android, hingga layanan peta digital Maps. Meski sudah sangat populer, banyak detil dari perusahaan yang didirikan pada 4 September 1998 oleh Larry Page danSergey Brin yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Nah, jika anda merupakan salah satu pengguna Google, sebaiknya anda harus tau fakta-fakta unik yang jarang diketahui oleh orang pada umumnya. Anda juga dapat melihat >> Sejarah Berdirinya Google dan Biografi pendiri google.

Semua Fakta Tentang Google Yang Pasti Belum Anda Ketahui

Semua Fakta Tentang Google Yang Pasti Belum Anda Ketahui

Berikut Semua Fakta Tentang Google Yang Belum Banyak Diketahui :

 
 

1. Nama Pertama Google
Banyak orang tidak tahu bahwa Google bukan nama pertama yang digunakan mesin pencari paling populer di dunia itu. Pada mulanya Google dinamai “BackRub”, mengacu pada sistem yang menggunakan backlink untuk menilai seberapa penting sebuah situs.

Sistem ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1996 saat Larry Page dan Sergey Brin masih menjadi mahasiswa di Universitas Stanford.

2. Kantor Pertama Google
Kantor pertama Google merupakan sebuah garasi yang terletak di California, AS. Garasi tersebut merupakan garasi rumah milik Susan Wojcicki yang sekarang menjadi CEO YouTube. Saat itu Larry Page dan Sergey Brin baru berusia 24 tahun. Dan sekarang kantor Google terletak di Mountain View, California, AS.

3. Awal Pertemuan Dua Pendiri Google
Siapa sangka bahwa pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin bertemu secara tidak sengaja. Pada tahun 1995, Larry Page yang sedang menikmati liburannya secara tidak sengaja bertemu Sergey Brin yang bertugas sebagai tour guide-nya. Dalam pertemuan tersebut mereka banyak mendiskusikan banyak hal yang akhirnya menjadi awal berdirinya Google.

4. Sejarah Dinamakan Google
Google merupakan nama yang ditemukan secara tidak sengaja. Nama tersebut ditemukan saat mereka mendengar dua anak yaitu Milton Sirotta dan Edwin Sirotta mengucapkan kata “Googol” yang merupakan nama sebuah perhitungan Matematika angka satu yang diikuti dengan 100 angka 0.

5. Tweet Pertama Google
Nah yang satu ini cukup unik, tweet pertama dari Google adalah “I’m 01100110 01100101 01100101 01101100 01101001 01101110 01100111 00100000 01101100 01110101 01100011 01101011 01111001 00001010”. Pasti cukup aneh bagi yang tidak mengerti angka biner. Arti dari biner tersebut adalah “I’m Feeling Lucky”

6. Doodle Pertama dari Google
Pasti tau dong apa itu Doodle? Doodle merupakan sebuah gambar yang mewakili hari atau event-event besar yang diterapkan pada logo Google. Bagi yang belum tahu, Doodle pertama dari Google adalah “The Burning Man Doodle”. Logo tersebut diluncurkan pertama kali pada tahun 1998 untuk memberi tahu pengguna Google bahwa Larry Page dan Sergey Brin sedang keluar kantor untuk cuti.

7. Kekayaan Dua Pendiri Google
Kekayaan dua pendiri Google ini bisa dibilang fantastis. Larry Page tercatat memiliki kekayaan sebesarUS$38,8 miliar atau setara dengan Rp 541 triliun dan Sergey Brin memiliki kekayaan sebesar US$37,5 miliar atau setara Rp 523 triliun. Dan saat ini mereka memegang 16% saham dari Google.

8. Android dinamai makanan penutup atau permen. Seperti kita ketahui sistem operasi Android menggunakan nama-nama makanan seperti Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean dan baru-baru ini KitKat. Mengapa Google menggunakan nama makanan penutup atau permen untuk versi Androidnya? Google tidak mau menjelaskan mengapa, tetapi Randall Sarafa, juru bicara Google mengatakan, “Ini untuk memudahkan tim internal mengingat versi Android dengan nama makanan penutup sesuai dengan urutan abjad”.

9. Larry Page dan Sergey Brin ingin menjual Google seharga 1 juta USD, Tapi hanya ditawar 750 ribu USD. Mereka pergi ke Excite CEO George Bell dan menawarkan Google sebesar 1 juta USD. Tapi dia menolak tawaran tersebut dan kemudian dikritik Vinod Khosla, salah satu kapitalis ventura Excite, setelah dinegosiasikan Brin dan Page turun menjadi 750 ribu USD. Pada tanggal 7 Juni 1999, mendapatkan dana sebesar 25 juta USD dengan investor besar termasuk perusahaan modal ventura Kleiner Perkins Caufield & Byers dan Sequoia Capital.

10. Google Memiliki 150 Koki. Google mempekerjakan koki pertama kali bernama Charlie Ayers, pada bulan November 1999, ketika perusahaan hanya memiliki 40 karyawan. Pekerjaanya dipublikasikan secara luas di media, dan dalam sejarah perusahaan Google yang ditulis David Vise dalam satu babnya menyebutkan tentang “Charlie’s Place”. Pada saat ia meninggalkan Google tahun 2006, Ayers dan timnya sebanyak lima chef dan 150 karyawannya melayani 4.000 porsi untuk makan siang dan makan malam setiap harinya di 10 kafe di seberang kampus kantor pusatnya di Mountain View, California.

11. IPO Google membuat banyak karyawannya menjadi jutawan. Sekitar 1.000 karyawan Google menjadi jutawan ketika perusahaan go public pada tahun 2004. Salah satu jutawan tersebut adalah tukang pijat Bonnie Brown, yang bekerja di perusahaan tersebut sebagai tukang pijat dengan gaji 450 USD seminggu.

12. Pusat data hijau Google. Di dalam Council Bluffs, pusat data Google memiliki ruang dengan ukuran lebih dari 115.000 kaki persegi. Ada lebih dari 9 pusat data yang dimiliki oleh Google. Pusat-pusat data tersebut digunakan untuk menjalankan layanan internet Google seperti Google Search, Google, Gmail, layanan awan dan lain-lain. Di pusat data Georgia, Google membangun sistem pendinginan evaporative, yang menggunakan kedua lubang udara dari luar dan air yang disemprotkan ke server. Proses pendinginan evaporative biasanya menggunakan “ratusan ribu galon air dalam sehari.” Untuk mengatasi limbah air yang sedemikian besar, Google telah menggunakan sistem penyadapan air limbah untuk mendinginkan pusat data di Douglas County, Georgia. Ini pertama kalinya Google telah menggunakan air limbah daur ulang untuk pusat data di Amerika Serikat dengan sistem yang dibiayai oleh Google dan dimiliki oleh otoritas air setempat.

13. Slogan Google. Pernyataan misi sejak awal adalah “untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan berguna”, dengan slogan resmi adalah “Don’t be evil” atau “Jangan jahat”.

14. Kekayaan Pendiri Google. Pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin yang memiliki saham hanya 16 persen perusahaan dan memberikan kekayaan bersih gabungan sekitar 46 Milyar USD. Dan menempatkannya sebagai orang-orang terkaya di dunia.

15. Membaca CAPTCHA. Google menggunakan reCAPTCHA untuk mengajarkan komputer bagaimana membaca teks. Dengan 200.000 juta CAPTCHA yang dapat diselesaikan setiap harinya. Komputer Google belajar bagaimana mengidentifikasi kata-kata dipindai dari buku-buku bahkan jika mereka menyesatkan.

Sederet Pencapaian Google :

Bila berbicara Tentang Google, tentunya perlu juga anda ketahui pencapaian yang telah ditempuh oleh perusahaan yang didirikan oleh duet maut Larry Page dan Sergey Brin tersebut. Berikut di antaranya seperti dilansir dari Business Insider :

1. Google telah membeli sederet nama domain yang dianggap memiliki peluang untuk terpeleset (misspelings) dari nama ‘Google’. Domain yang diamankan tersebut antara lain Gooogle.com, Gogle.com, Googlr.com sampai 466453.com.

2. Ada lebih dari 2 juta pencarian di Google setiap detiknya.

3. Google Doodle pertama kali dibuat oleh Larry Page dan Sergey Brin pada Agustus 1998. Saat itu, mereka dan tim Google menyambangi festival Burning Man di gurun Nevada, dan ingin memberi semacam notifikasi kepada orang-orang. Maka dari itu, dibuatlah Google Doodle yang menampilkan logo dari festival tersebut.

4. Pada tahun 2013, sekitar 91% revenue Google berasal dari iklan. Mau tahu jumlahnya? Mencapai USD 55,5 miliar atau lebih dari Rp 648 triliun!

5. Google Search Index berukuran lebih dari 100 juta gigabyte. Ini setara dengan 100 ribu unit personal drive berkapasitas 1 terabyte.

6. Google telah mengabadikan gambar lebih dari 5 juta mil jalan raya untuk keperluan layanan Street View.

7. Sepanjang tahun 2014, Google telah mengakuisisi 24 perusahaan. Artinya, ada 3 perusahaan yang dicaplok dalam sebulan.

8. Lebih dari 6 miliar jam video telah ditonton di YouTube setiap bulannya.

9. Akuisisi Google. Google telah mengakuisisi rata-rata satu perusahaan setiap minggu sejak 2010. Pada tahun 2010, Google Energi melakukan investasi pertamanya dalam sebuah proyek energi terbarukan oleh NextEra Energy Resources. Pada tahun yang sama Google membeli Global Solutions IP, sebuah perusahaan yang berbasis di Norwegia yang menyediakan telekonferensi berbasis web dan layanan terkait lainnya. Dan pada Mei 2010, Google mengumumkan juga telah mengakuisisi jaringan iklan mobile AdMob. Kemudian mengakuisisi Android, Motorola Mobility, Quickoffice dan banyak lagi lainnya.

10. Gmail. Gmail dirilis pada tanggal 16 Desember 2005, dan sekarang tersedia di lebih dari 50 bahasa. Ide membuat Gmail pertama kali diungkapkan oleh Rajen Sheth selama wawancara dengan Google, dan kemudian dikembangkan oleh Paul Buchhe. Awalnya klien email yang tersedia hanya digunakan oleh karyawan internal Google. Google mengumumkan Gmail untuk umum pada tanggal 1 April 2004 dengan memperkenalkan “Gmail Paper”, di mana pengguna bisa mengklik sebuah tombol dan Gmail akan mengirimkan sebuah kertas fotokopi email arsip yang didukung iklan gratis.

11. Google mendapatkan uang dari perusahaan saingannya. Google mendapat uang dari saingannya seperti Mozila. Perusahaan Mozila membayar 300 Juta USD pertahun untuk menjadikan mesin pencari sebagai default pada web browser Mozilla Firefox. Hal ini sama dengan Apple yang menggunakan Google maps, di mana Google mendapatkan uang untuk menempatkan iklan. Para saingan lainnya termasuk Yahoo dan Microsoft, juga tergantung pada layanan Google.