Pemasaran bisnis baik produk maupun jasa melalui internet (Internet Marketing) merupakan salah satu strategi yang ampuh untuk memperluas jangkauan pasar para pelaku bisnis. Dengan Internet Marketing, informasi produk atau jasa dapat menjangkau konsumen yang ada jauh dari tempat anda tinggal saat ini, tanpa harus mendatangi langsung ke daerah tersebut untuk mempromosikan produk atau jasa anda. Cukup dengan Internet, bisnis anda dapat dijangkau oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun selama di daerah konsumen ada jaringan internet, dengan kata lain tidak ada matinya. Hal tersebut yang menjadi salah satu kelebihan internet marketing dibandingkan dengan pemasaran offline.

 
 

Dengan demikian, tentu semua orang akan tahu bahwa strategi internet marketing lebih efektif dan efisien karena membuat bisnis anda seakan-akan buka selama 24 jam non-stop dan dapat diakses dari seluruh dunia. Hanya dengan melakukan optimasi yang benar dan tepat, usaha anda akan lebih mudah ditemukan dan dikenal oleh orang banyak.

Walau sudah banyak para pelaku bisnis online dengan mengguanakan web sebagai toko online mereka, namun cukup banyak pula yang kesulitan Meningkatkan Penjualan Online Shop mereka. Ini dikarenakan mereka kurang memahami bagaimana cara meningkatkan penjualan toko online mereka dengan benar. Bahkan tidak sedikit pula yang hanya mengikuti trend dengan Toko Online, namun tidak faham tentang strategi internet marketing yang baik dan benar.

Para pemilik toko online menganggap bahwa dengan Web Toko Online yang sudah mereka online-kan saat ini, mereka akan mendapatkan omzet lebih dengan sendirinya sambil menunggu saja. Itu kurang pas. Sebaiknya adalah anda fokus dengan melakukan hal-hal bagaimana cara meningkatkan penjualan dari toko online anda tersebut, misalnya dengan cara pengoptimalan web toko online agar calon konsumen memutuskan untuk beli produk atau jasa anda, mendesain web toko online yang profesional sehingga mencirikan toko anda adalah profesional dalam pelayanan, dan masih banyak lagi.

Namun anda tidak perlu khawatir bila anda datang di tempat ini, dan sedang membaca pembahasan kami kali ini. Karena kami akan berikan ulasan tentang : Strategi Jitu Internet Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Toko Online. Nah untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak ulasan berikut ini tentang cara meningkatkan penjualan toko online :

Online Marketing Strategy Concept

Online Marketing Strategy Concept

1. Gunakan Website Profesional

Dengan memiliki sebuah website akan membuat bisnis anda seakan-akan buka selama 24 jam tanpa henti. Salah satu yang penting untuk diperhatikan dari web usaha adalah mampu untuk menjelaskan secara rinci tentang produk yang dipasarkan. Namun itu saja tidak cukup. Yang paling penting dan perlu anda lakukan adalah membuat website toko online yang benar-benar terlihat profesional dan user friendly, agar calok konsumen percaya dan tertarik untuk membeli produk anda.

Anda juga harus meng-upload foto produk yang berkualitas bagus sehingga dapat meyakinkan para pelanggan untuk membelinya. Berikan pula konten yang relevan dengan produk yang anda jual, detailkan secara rinci bagaimana produk tersebut, rincian ini mewakili keadaan produk aslinya. Dan anda juga perlu tambahkan Artikel yang berkaitan dengan produk anda dengan konten yang bagus dan bermanfaat supaya pembaca kembali lagi untuk melihat web Anda.

2. Dukung Website dengan SEO

Sebagian besar pengguna internet mencari informasi lewat search engine seperti Google, Yahoo, Bing dan lain-lain sesuai kata kunci yang mereka ingin cari. Inilah yang perlu anda manfaatkan, anda harus berusaha agar website anda tampil di posisi terbaik di search engine agar mendapatkan potensi pembeli yang lebih besar.

Dalam hal ini, anda harus memahami apa itu SEO (Search Engine Optimization). Dan sebaiknya ada menggukan metode SEO yang tidak menyalahi aturan Search Engine, gunakan teknik White SEO agar website anda tetap ramah di mesin pencari. Atau anda cukup dengan menggunakan ARTIKEL SEO yang fresh untuk web toko online anda, ini salah satu teknik White SEO yang disukai Mesin Pencari.

3. Gunakan E-mail Marketing

Selain menggunakan website, anda juga bisa memanfaatkan e-mail sebagai media promosi anda. Pemberitahuan mengenai produk terbaru anda yang dikirimkan via e-mail kepada calon pembeli akan terasa lebih tertarget. Sehingga kegiatan promosi produk semakin mudah dan murah.

4. Manfaatkan Komunitas atau Forum

Forum atau tempat diskusi lainnya juga bisa menjadi sarana yang bagus untuk promosi produk. Anda juga dapat ‘merayu’ anggota forum atau grup BBM (Blackberry Messenger) untuk memasang foto produk beserta sedikit info tentang produk tersebut selama beberapa waktu. Sehingga, informasi mengenai barang dagangan Anda akan dengan cepat menyebar dan siapa tahu akan meningkatkan penjualan.

5. Promosikan dengan Iklan Premium

Di internet, sudah menjamur layanan iklan gratis online yang artinya anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk iklan. Anda cukup registrasi ke situs iklan dan membuat iklan produk anda ke situs tersebut. Anda bisa menggunakan ini jika anda TIDAK mempunyai budget lebih.

Namun bila Anda mempunyai budget lebih, tidak ada salahnya untuk mencoba beriklan premium atau berbayar misalnya lewat Facebook Ad. Sebab, Facebook menempatkan iklan tersebut sesuai dengan target pasar. Misalnya, bila Anda mempunyai produk fashion atau tas dari korea, maka Facebook akan menempatkan iklan tersebut di halaman pengguna remaja wanita. Atau anda juga bisa gunakan Google Adword untuk plihan iklan premium toko online anda.

6. Manfaatkan Social Media

Social media juga menjadi salah satu alat yang bagus dan efektif sebagai daya ungkit dari bisnis online Anda. Saat ini, sebagian besar pengguna internet mempunyai akun di situs jejaring sosial misalnya Facebook dan Twitter. Jejaring sosial ini juga bisa dimanfaatkan untuk promosi produk. Karena seperti yang kita tahu, pengguna jejaring sosial di dunia berjumlah jutaan. Tentunya ini bisa jadi salah satu ceruk pasar yang menguntungkan.

Selain Facebook dan Twitter, Anda juga dapat mengoptimalkan Instagram untuk mempromosikan jualan di web toko online anda. Salah satu kelebihan instagram yaitu dapat mengunggah foto produk dengan mudah dan simple. Namun, ada beberapa kekurangan Instagram yang mungkin harus Anda pertimbangkan.

Itulah beberapa strategi yang dapat Anda optimalkan untuk meningkatkan keuntungan dan penjualan toko online Anda. Siapa bilang membuka toko online hanya mampu menghasilkan pendapatan yang segitu-gitu saja? Amazon dan Zappos telah membuktikan lewat kesuksesan berbisnis lewat online. Anda juga dapat menyusul mereka. Lakukanlah mulai dari sekarang.