Tips Mencari Lowongan Kerja Via Online – Kali ini Herugan akan berbagi Tips bagaimana cara mencari lowongan kerja via online dengan baik, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Tidak jarang jaman sekarang ini banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan info lowongan kerja, dan lebih parahnya lagi mengatas namakan Perusahaan Ternama, serta membuat informasi yang begitu meyakinkan seolah perusahaan terkait membuka lowongan pekerjaan. Bila kita tidak jeli, barhati-hati dan Up To Date, sudah sangat jelas akan masuk ke dalam jebakan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tips lowongan kerja

Tips lowongan kerja

Berbicara perkembangan jaman, lowongan kerja pun bisa kita cari darimanapun dan kapanpun, hanya dengan beberapa klik saja via internet. Banyak situs-situs yang memberikan informasi loker (lowongan kerja), baik yang sudah ternama maupun yang baru muncul di ranah internet, khususnya mesin pencari (seperti Google). Disini kita harus jeli, yang mana situs yang memberikan informasi Up To Date serta relevan sesuai dengan informasi perusahaan yang bersangkutan. OK kalau begitu, tanpa basa-bai lagi berikut Tips aman mencari lowongan kerja via online :

  1. Pastikan anda mengakses situs lowongan kerja yang sudah Ternama, seperti Jobstreet, atau Jobsdb. Anda bisa mendaftarkan diri anda terlebih dahulu di situs tersebut, serta pahami sistemnya dengan baik.
  2. Bila anda mendapatkan informasi dari situs lain, pastikan terlebih dahulu bahwa informasi yang anda dapatkan relevan dengan informasi perusahaan terkait, anda bisa melihatnya di situs perusahaan tersebut.
  3. Manfaatkan fasilitas mesin pencari, seperti Google. Bila anda mendapatkan info lowongan kerja dari tempat lain, dan anda tidak tahu situs perusahaannya, anda dapat mencarinya via Google. Anda tinggal ketik nama Perusahaannya, lalu pada situs perusahaan tersebut lihat bagian career/info/lowongan kerja atau Link lainnya yang berkaitan dengan informasi lowongan kerja.
  4. Bila anda mendapatkan informasi Loker dari tempat lain, Cocokkan informasi mulai dari nama perusahaan, kontak, email, alamat website, dan informasi lain yang berkaitan dengan perusahaan tersbut pada situs Perusahaannya. Bila tidak relevan, anda harus berhati-hati. Anda perlu mempercayai hanya dari situs Perusahaan yang bersangkutan.
  5. Dan yang terpenting, anda bekerja untuk dibayar BUKAN untuk membayar. Maksudnya, bila anda dipanggil interview dan anda diminta untuk membayar dengan alasan apapun, sebaiknya anda menolaknya dengan barbagai alasan yang logis dan sopan, karena biasanya hal seperti ini ada indikasi terselubung.
  6. Hati-hati dari diri sendiri bukan dari yang lain. Biasakan respect diri terhadap segala kondisi.

 

 
 

Itulah beberapa Tips saat mencari lowongan kerja via online, semoga membantu dan bermanfaat..