Herugan.com – Sebagai pengguna komputer/laptop pastinya anda menginginkan komputer dapat memberikan kinerja yang optimal dan cepat sehingga semua pekerjaan anda bisa diselesaikan dengan cepat pula. Namun apa jadinya jika komputer/laptop anda bekerja dengan lama dan mungkin bahkan tidak berpeforma dengan baik ? Itu sangat mengganggu dan tidak sedikit orang dikesalkan dengan keadaan komputer/laptop yang berperforma lambat/lama. Mengenai hal tersebut, anda kali ini tidak perlu khawatir lagi, kini Herugan akan berbagi beberapa Tips Mudah bagaimana cara Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop. Sebenarnya banyak cara mempercepat kinerja komputer, kali ini Herugan bagikan 5 Tips percepat kinerja komputer, berikut selengkapnya :

Tips Mudah Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop Versi Herugan

Tips Mudah Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop Versi Herugan

1.) Pilih RAM dengan tepat

Salah satu penyebab komputer/laptop anda menjadi lambat adalah karena pemilihan RAM yang tidak sesuai dengan spesifikasi komputer anda. Untuk itu pilihlah RAM dengan tepat sebelum anda membeli Komputer/Laptop. Anda dapat meng-Upgrade RAM bila dibutuhkan, namun perhatikan terlebih dahulu apakah spesifikasi Komputer/Laptop anda memadai atau tidak. Misalnya upgrade dari 1GB menjadi 2GB. Dapat pula dilakukan hanya dengan 1 slot saja atau dua slot sekaligus, namun tetap perhatikan spesifikasi komputer/laptop. Misalnya dari 1GB menjadi 2GB slot pertama dan 2GB slot kedua, sehingga total 4GB.

2.) Delete Software/Program yang tidak dibutuhkan

Pilihlah Software sesuai dengan kebutuhan anda. Sebaiknya anda hapus beberapa Software/Program yang tidak anda butuhkan atau program yang hanya menumpuk di dalam komputer anda. Jangan menjadi kolektor program saja dan senang meng install program sebagai ajang coba-coba atau koleksi, ini akan memperlambat kinerja komputer/laptop anda. Segeralah hapus program yang tidak dibutuhkan.

3.) Install dan Update Anti Virus secara berkala

Sebaiknya anda pasang antivirus pada komputer/laptop anda. Pilihlah software andtivirus yang rekomended, jangan sesekali memakai antivirus yang tidak jelas asal usulnya. Update segera antivirus anda dengan versi terbaru dari vendornya, biasanya info update otomatis diberitahukan kepada pengguna. Jadi anda dapat mengetahui kapan waktunya update nativirus tersebut.

4.) Lakukan Scan secara berkala

Lakukan scan secara berkala dengan antivirus, dapat anda lakukan 1 minggu sekali misalnya, sesuaikan dengan penggunaan komputer/laptop anda. Semakin sering anda melakukan aktivitas pada komputer/laptop anda, lakukan scan secara rutin pula agar virus tidak bersarang.

5.) Gunakan Software Utilities

Anda bisa menggunakan salah satu software yang berfungsi untuk menjaga dan mempercepat kinerja komputer anda sehingga lebih maksimal. Misalnya tuneup utilities, software ini berfungsi untuk menjaga komponen pada komputer dari kerusakan atau eror sehingga performa komputer tetap terjaga.