Digital Marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Agar bisnis Anda terus tumbuh di pasar digital, Anda harus mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai dengan teknologinya. Hendaknya anda adalah salah satu masyarakat yang meranah ke lanskap digital, dan tidak ada sedikit pun dari pelaku bisnis online yang melambat dalam waktu dekat. Bintang baru lahir setiap hari di dunia digital. Beberapa orang tetap menyala terang (termasuk anda), sementara yang lain cepat kelelahan.

 
 

Ambil contoh, kegilaan Pokémon Go yang membawa dunia terserang badai pada tahun 2016. Game realitas yang diperbesar meledak di kancah aplikasi global awal musim panas lalu. Dan sementara serangkaian kesalahan missi teknis dan keselamatan menyebabkan kemundurannya, ia dengan cepat memberi petunjuk kepada para pemasar ke kemungkinan kenyataan yang meningkat.

Di flipside, aplikasi mobile Snapchat telah bertahan kuat di ranah media sosial sejak diluncurkan pada tahun 2012. Bintang media sosial ini telah memberi tahu pemasar ke dalam kekuatan konten yang kedaluwarsa, sehingga ditawarkan (dan ditolak) pembelian senilai $ 3 miliar – dari Facebook

Tapi, apa yang turun dan turun dari bintang digital ini katakan kepada kita adalah bahwa teknologi baru berkembang dengan cepat, tepat di samping keinginan dan kebutuhan konsumen. Dan agar bisnis Anda terus tumbuh di pasar digital, Anda harus mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai dengan teknologinya. Di sini, kita melihat lima trend pemasaran digital terbesar untuk tahun 2017 untuk membantu Anda memulai.

5 Trend Digital Marketing Untuk Meroketkan Bisnis

1. Konten visual

Dalam dunia informasi saat ini yang berlebihan, pengguna semakin menjadi keseluruhan tentang visual. Orang membutuhkan penyebaran informasi yang jelas dan ringkas, dan visual melakukan hal itu. Otak memproses informasi visual 60.000 kali lebih cepat dari teks, dan 90 persen informasi yang dikirimkan ke otak bersifat visual. Ergo, visual mempercepat pemahaman dan retensi. Terlebih lagi, visual yang tepat memiliki kemampuan untuk meningkatkan emosi dan perasaan. Masukkan: pentingnya visual untuk membangun identitas merek Anda di pasar digital. Logo, infografik, foto, animasi, dan desain website yang efektif semuanya memiliki landasan baru untuk meningkatkan identitas merek, dan kemungkinan tidak akan hilang dalam waktu dekat.

2. Konten interaktif

Keinginan untuk koneksi dan keterlibatan adalah apa yang mendorong permintaan konten visual saat ini. Tapi, keinginan yang sama untuk keterlibatan sekarang adalah pemasar terkemuka untuk menemukan kebutuhan monumental konten interaktif yang baru. Konten interaktif membutuhkan partisipasi aktif oleh pengguna. Akibatnya, bentuk konten baru ini – kuis dan jajak pendapat, kontes, pemungutan suara, kalkulator, penilaian dan infografi animasi – menambahkan lapisan kedalaman baru ke keseluruhan pengalaman pengguna. Tapi yang lebih penting, mereka mengundang pengguna untuk menjadi bagian dari merek. Mereka meningkatkan konektivitas dan secara efektif mengubah pengunjung satu kali menjadi loyalis merek. Tren yang berkembang ini cenderung mengarah pada strategi pemasaran pada tahun 2017.

3. Video langsung

Pada tahun 2015, video online menyumbang 50 persen dari semua penggunaan seluler, dan konten video masih terus meningkat. Bentuk lain dari konten visual, video memiliki kekuatan untuk terhubung dengan konsumen dan memberikan banyak informasi, perasaan, pikiran, dan tanggapan truk dalam hitungan detik.

Namun, untuk meningkatkan emosi dan kegembiraan bagi pengguna, merek sekarang “akan ditayangkan.” Ini berarti bahwa bisnis dapat mempromosikan konten mereka lebih dulu dan kemudian berinteraksi secara real-time dengan konsumen mereka. Unsur hidup ini menambahkan komponen humanistik pada merek, membantu meningkatkan perasaan percaya dan jujur ​​di kalangan konsumen.

4. Konten Kedaluwarsa Juga Perlu Diperhatikan

Saya menyinggung pengaruh platform Snapchat sosial sebelumnya, tapi mari kita sedikit menggali lebih dalam efek dari konten kedaluwarsa bagi pemasar dan konsumen. Sama seperti elemen video langsung, konten kedaluwarsa membantu meningkatkan kegembiraan bagi konsumen. Dengan konten yang kedaluwarsa, pengguna diberi waktu terbatas untuk melihat konten sebelum segera terlupakan, tidak pernah terlihat atau didengar lagi. Akibatnya, ini menciptakan rasa urgensi yang besar di kalangan konsumen. Dan di dunia di mana interkonektivitas mengambil kue itu, pikiran untuk tidak tahu apa yang sedang terjadi adalah, well, benar-benar mengganggu. Kedaluwarsa konten membantu menarik minat pengguna, sementara juga berusaha menjaga agar mata tetap terpaku pada layar untuk mengantisipasi apa yang akan terjadi.

5. Aplikasi di dalam toko

Keseluruhan tema membawa merek untuk hidup ini berjalan kuat menuju trend pemasaran digital akhir kita. Merek ritel sekarang menemukan cara untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka, tinggal dan di dalam toko – memadukan elemen pemasaran fisik dengan masa lalu dengan elemen digital modern saat ini.

Trend Digital Marketing di dalam toko adalah salah satu dari banyak yang sekarang menemukan cara untuk memadukan dunia fisik dengan dunia digital, semuanya dalam upaya meningkatkan interaktivitas pengguna. Kini mode koneksi yang dominan di dunia digital, interaktivitas pengguna sekarang harus menjadi inti strategi pemasaran bisnis Anda.

Pada akhirnya, terserah Anda untuk memanfaatkan teknologi untuk menjalin hubungan dengan konsumen Anda. Dan kelima tren Digital Marketing ini merupakan langkah yang tepat untuk meroketkan bisnis online anda.