Tutorial SPSS Lengkap Dengan Contoh Cara Olah Data Kuesioner Dan Penjelasannya

Tutorial SPSS – Apakah anda sedang mencari : Tutorial SPSScara menggunakan SPSS, cara olah data dengan SPSS, cara olah data kuesioner dengan SPSS, tutorial olah data kuesioner menggunakan SPSS, atau sejenisnya ? Anda datang pada tempat yang tepat. Karena disini akan dibahas secara lengkap bagaimana cara Olah Data Kuesioner Dengan SPSS lengkap beserta tahapan dan penjelasannya. Tutorial SPSS berikut ini disertai dengan Langkah-langkah olah data kuesioner SPSS meliputi : setting variabel, input data, pemetaan responden, pemetaan jawaban responden, compute variabel, menguji kualitas data, uji regresi, melakukan regresi, uji asumsi klasik, yang disertai dengan penjelasan lengkap.

Kebanyakan para mahasiswa yang menyusun skripsi lebih suka melakukan penelitian dengan instrumen kuesioner, hanya saja masalahnya banyak yang tidak tau cara mengolah data kuesionernya. Langsung saja disini akan dikasih tau bagaimana cara, langkah dan tahap-tahap dalam mengolah data yang diperoleh melaui instrumen kuesioner yang kami sajikan langsung secara lengkap tentang Tutorial SPSS.

Namun sebelum dimulai penjelasan caranya, ada baiknya saya jelaskan mengenai data yang akan digunakan. Pada Tutorial SPSS berikut ini, data yang akan diolah berjenis data primer melalui kuesioner dengan skala likert 1 sampai 5 (sangat tidak setuju sampai sangat setuju). Dalam data kali ini saya menggunakan data primer kuesioner Audit yang terdiri dari 4 variabel yaitu kompentensi auditor (X1), independensi Auditor (X2), integritas Auditor (X3) dan variabel kualitas Audit (Y). Langsung saja berikut Tutorial SPSS dilengkapi dengan langkah-langkah cara olah data kuesioner dengan SPSS :

Langkah Setting Variabel 

Sebelum melakukan regres terlebih dahulu kita meng-input semua data dari kuesioner, mulai dari indentitas responden sampai jawaban responden. Untuk melakukan input data terlebih dahulu Variabel View-nya disetting terlebih dahulu seperti dibawah ini:

ara Olah Data Kuesioner Dengan SPSS

Cara Olah Data Kuesioner Dengan SPSS

Dari Gambar diatas terlihat bahwa dari baris pertama sampai baris keenam diperuntukkan untuk menampung data indentitas responden mulai dari usia sampai pendidikan dan pelatihan yang telah diikuti responden. Data-data ini disetting dengan type Sting dan pengukuran secara ordinal karena hanya digunakan untuk mendeskripsikan pemetaan responden melalui Frekuensi. 

Sedangkan baris ke tujuh sampai dua puluh delapan diperuntukkan untuk menampung data jawaban responden yang disimbolkan dengan Q (Question) yang terdiri atas 22 butir pernyataan untuk 4 Variabel dengan type numeric dan pengukurannya dengan skala (scale). Dalam data yang digunakan Q1 – Q6 untuk variabel Kompentensi Auditor (X1), Q7 – Q11 untuk Variabel Independensi Auditor (X2), Q12 – Q17 untuk Variabel Integritas Auditor (X3) dan Q18 Q22 untuk Variabel Kualitas Audit (Y) (semua angka dan hurus harus diketik sendiri)

Langkah Input Data

Setelah melakukan setting Variabel dengan benar maka langkah selanjutnya adalah meng-input data dengan mengklik Data View, input data tinggal masukkan semua data dari kuesioner ke Data View seperti gambar di bawah ini :

cara-olah-data-kuesioner-dengan-spss_input-data

cara-olah-data-kuesioner-dengan-spss_input-data

Dari gambar diatas terlihat bahwa responden pertama berumur 31 tahun berjenis kelamin pria, telah berkerja selama 5 tahun, berpendidikan Sarjana (S1) dan belum pernah mengikuti diklat. Jawaban responden ini untuk pernyataan pertama adalah tidak setuju yang disimbolkan dengan angka 2, dan begitulah seterusnya sampai responden 34 silahkan baca sendiri. (semua angka dan huruf diketik sendiri).

Langkah Pemetaan Responden

Setelah input data selesai maka selanjutnya sudah dapat dilakukan analisa terhadap data tersebut, maka langkah senjutnya adalah memetakan responden, tujuannya agar diperoleh gambaran mengenai karakteristik responden. Langkahnya Klik Menu Utama Analize, Pilih Descriptive Statistics lalu Frecuencies sperti Gambar di bawah ini :

cara-olah-data-kuesioner-dengan-spss_pemetaan-responden

cara-olah-data-kuesioner-dengan-spss_pemetaan-responden

Maka akan muncul jendela Frecuencies-nya, pada kotak dialog Frecuencies Variabel umur, jenis kelamin, masa berkerja, Pendidkan terakhir dan diklat yang merupakan indentitas responden dimasukkan dalam kotak Varible(s) dengan cara meng-klik tanda panah disamping kotak tersebut sehingga hasilnya seperti gambar di bawah ini :

cara-olah-data-kuesioner-dengan-spss_pemetaan-responden-1

cara-olah-data-kuesioner-dengan-spss_pemetaan-responden-1

Setelah itu klik OK (tidak perlu lagi mengatur statistis, Chart atau formatnya tinggal mengikuti pengaturan bawaan saja). Hasilnya seperti Gambar di bawah ini :

cara-olah-data-kuesioner-dengan-spss_pemetaan-responden-2

cara-olah-data-kuesioner-dengan-spss_pemetaan-responden-2

Langkah Pemetaan Jawaban Responden

Setelah responden dipetakan, sekarang giliran jawaban responden yang dipetakan, tujuannya adalah untuk mendeskripsikan bagaimana jawaban yang diberikan responden. Langkah-langkahnya klik menu utama Analize Pilih Descriptive Statistics lalu Frecuencies sperti gambar di bawah ini :

cara-olah-data-kuesioner-dengan-spss_pemetaan-jawaban-responden

cara-olah-data-kuesioner-dengan-spss_pemetaan-jawaban-responden

Maka akan muncul jendela Frecuencies-nya, pada kotak dialog Frecuencies Variabel Q1 sampai Q22 yang merupakan jaWaban responden dimasukkan dalam kotak Varible(s) dengan cara meng-klik tanda panah disamping kotak tersebut sehingga hasilnya seperti Gambar di bawah ini :

cara-olah-data-kuesioner-dengan-spss_pemetaan-jawaban-responden-1

cara-olah-data-kuesioner-dengan-spss_pemetaan-jawaban-responden-1

Setelah itu klik OK (tidak perlu lagi mengatur statistis, Chart atau Formatnya tinggal mengikuti pengaturan bawaan saja). Hasilnya seperti Gambar di bawah ini :

cara-olah-data-kuesioner-dengan-spss_pemetaan-jawaban-responden-2

cara-olah-data-kuesioner-dengan-spss_pemetaan-jawaban-responden-2

Langkah Meng-Compute Variable

Selanjutnya setelah responden dan jawaban responden dipetakan maka sudah saatnya melakukan ujikualitas data, uji kualitas data dalam postingan ini menggunakan uji Validitas dan uji Reliabilitas. Untuk yang pertama kita lakukan uji Validitas. Sebelum melakukan uji Validitas terlebih dahulu konstruk-konstruk dari setiap Variabel dijumlahkan terlebih dahulu dengan cara Klik Menu Utama Transform lalu Compute Variable seperti Gambar Di bawah ini :

mengolah-data-kuesioner-dengan-spss_compute-variabel

mengolah-data-kuesioner-dengan-spss_compute-variabel

Dalam kotak dialog compute variable, pada target variable ketik X1 lalu klik Type&Label Ketik nama Variable yang dimaksud pada label (contoh disini : Kompetensi Auditor) lalu Continue. Kembali pada kotak dialog compute Variable, pada kotak numeric Xpression-nya jumlahkan Q1 + Q2 + ,,,, + Q6 untuk Variabel X1 dengan cara klik satu persatu konstruk tersebut kemudian klik tanda panah disamping lalu klik (+) Lalu klik OK.

olah-data-kuesioner-dengan-spss_compute-variable

olah-data-kuesioner-dengan-spss_compute-variable

Sampai disini kita telah berhasil mendapatkan total dari Variable pertama (dapat dilihat pada data Viewnya). Untuk Variabel selanjutnya juga demikian disesuaikan dengan nama Variabel dan urutan konstruknya.

Langkah Menguji Kualitas Data

Setelah didapat nilai total konstruk dari masing-masing Variable maka telah bisa dilakukan uji Validitas, Tujuannya untuk melihat korelasi antara setiap konstruk dengan total konstruk. Langkah-langkahnya adalah Klik Menu Utama Analize kemudian Correlate lalu bivariate seperti Gambar berikut :

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-kualitas-data

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-kualitas-data

Lalu akan muncul kotak dialog bi%ariate correlations, disini kita harus memasukkan butir-butir pertanyaan/konstruk per Variabel kedalam kotak Varible(s) dan total konstruk yang telah dicompute tadi seperti Gambar berikut :

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-kualitas-data-1

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-kualitas-data-1

Lalu klik OK maka akan muncul hasilnya seperi berikut :

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-kualitas-data-2

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-kualitas-data-2

 

Valid tidaknya dilihat dari nilai pearson correlation yang berkorelasi positiF dan siniFicant dibawah 0,05 terhadap total konstruk Variable. Hal ini juga dilakukan untuk setiap Variable yang ada untuk melihat korelasi dari konstruk setiap Variable terhadap total konstruknya. Setelah keempat Variable telah diuji Validitasnya, maka sekarang saatnya kita lakukan uji reliabilitas (keabsahan) instrumen penelitian. Caranya Klik Analize lalu Scale lalu Reliability Analysis, akan muncul kotak dialog Reliability Analysis seperti Gambar berikut:

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-kualitas-data-3

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-kualitas-data-3

Pada Kotak Item masukkan butir-butir konstruk per Variabel (ingat, hanya butir-butirnya saja) dengan cara klik satu per satu lalu klik tanda panah lalu OK seperti Gambar Berikut :

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-kualitas-data-4

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-kualitas-data-4

Ini dilakukan untuk setiap Variabel. dan hasil adalah :

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-kualitas-data-5

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-kualitas-data-5

Reliabel tidaknya instrumen dilihat dari nilai Cronbach Alfa yang diatas 0,60

 

Langkah Uji Regresi 

Setelah data telah diuji Valid dan reliable maka dapat dilakukan Pengujian Regresi. Pengujian regresi ini dilakukan sekalian dengan pengujian asumsi klasik (normalitas, Multikolinieritas dan Heterokedastisitas). Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :

  • Mencari nilai rata-rata dari total konstruk sebagai nilai Variable Caranya Klik Menu Utama Transform lalu Compute Variable seperti Berikut :
olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-regresi

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-regresi

Dalam kotak dialog compute Variable, pada target Variable ketik X1 lalu klik Type&Label Ketik nama Variable yang dimaksud pada label (contoh disini : Kompetensi Auditor) lalu Continue. Kembali pada kotak dialog compute Variable, pada kotak numeric Expression-nya masukkan Variabel X1 (Kompetensi Auditor) kemudian dibagi 6 (jumlah konstruk Lalu klik OK)  Seperti gambar berikut :

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-regresi-1

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-regresi-1

Sampai disini kita telah berhasil mendapatkan nilai dari Variable pertama (dapat dilihat pada data View-nya. Untuk Variabel selanjutnya juga demikian disesuaikan dengan nama Variabel dan jumlah konstruknya. 

  • Melakukan Regresi

Setelah nilai rata-rata diperoleh untuk setiap Variabel, maka sudah dapat dilakukan regresi dengan cara Klik Analize pada menu utama lalu Regressions kemudian Linier, seperti berikut :

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-regresi-2

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-regresi-2

Maka akan muncul kotak dialog linier regressionnya. Pada kotak dialog tersebut, pada kotak dependent masukkan Variable dependent-nya (contoh disini : Kuaitas Audit) Lalu pada kotak independent masukkan) Variable-Variable independent-nya (contoh disini : Kompetensi Auditor, Integritas Auditor dan Independensi Auditor). Seperti berikut :

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-regresi-3

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-regresi-3

 

  • Melakukan Uji Asumsi Klasik

Secara teori uji asumsi klasik dilakukan sebelum Uji Regresi (karena Model regresi harus terlebih dahulu lolos Asumsi Klasik) namun dalam prakteknya asumsi klasik dilakukan sekaligus dalam uji regresi. Adapun langkahnya adalah Pada kotak dialog Linier Regressions klik Opsi Statistic, pada kotak dialog Linier Regressions : Statistic centang model fit, descriptive dan colinierity diagnostic dan kotak regression coefficient centang estimate lalu continue seperti gambar berikut :

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-asumsi-klasik

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-asumsi-klasik

Kemudian Klik opsi Plot, maka akan muncul kotak linier regression : Plots. Pada kolom Y masukkan *Z-PRED dan pada kolom X masukkan *S-RESID lalu centang Histogram dan Normal Probability Plot pada kotak Standarized Residual Plots. Lalu Countinue Seperti gambar berikut :

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-asumsi-klasik-1

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-asumsi-klasik-1

Langkah selanjutnya klik opsi Save maka akan muncul kotak dialog Linier Regressions: Save kemudian centang Unstandarized pada kolom residual lalu klik Countinue Seperti berikut :

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-asumsi-klasik-2

olah-data-kuesioner-dengan-spss_uji-asumsi-klasik-2

Kemudian kita akan kembali pada kotak dialog Linier Regression, Nah setelah semua proses tadi telah dilaukan dengan baik dan benar maka langkah terakhir Klik OK. Maka hasil dari regresi pengolahan data kuesioner akan terlihat seperti ini :

hasil-dari-regresi-pengolahan-data-kuesioner

hasil-dari-regresi-pengolahan-data-kuesioner

hasil-dari-regresi-pengolahan-data-kuesioner-1

hasil-dari-regresi-pengolahan-data-kuesioner-1

hasil-dari-regresi-pengolahan-data-kuesioner-2

hasil-dari-regresi-pengolahan-data-kuesioner-2

 

Kalau jawaban kuesionernya pilihan A, B, C dan D cara deskriptif untuk lihat berapa yang jawab A yang jawab B atau C maupun D sama juga dengan deskriptif jawaban 1,2,3,4,5 ambel di Analize lalu descriptive, lalu frequencies, lalu masuk Variabel yang berisi jawaban A,B,C,D itu kekolom Variable(s) klik OK.

Sedangkan Untuk Grafiknya bisa langsung klik di menu Grafhs lalu legacy dialog troz pilih mana grafik yang suka troz define lalu masukkan variabel yang ingin di buat grafiknya pada kolom panel by lalu tentukan variabel yang jadi baris row dan colum nya lalu pada Variabel tentukan Variabel pembandingnya, lalu OK.

Jika anda membaca dan memahami dengan baik dari awal hingga akhir, tidak sulit untuk mempraktekan Tutorial SPSS tersebut. Dan pastinya anda tidak akan kesulitan dalam Mengolah Data Kuesioner dengan SPSS. Dan cukup sekian pembahasan tentang Tutorial Cara Olah Data Kuesioner Dengan SPSS. Semoga bermanfaat dan membantu.