Pernahkah Flashdisk anda tiba-tiba mengalami hal yang aneh? Misalnya: tidak bisa buka file/folder di dalam flashdisk, tidak bisa install program dari flashdisk, tiba-tiba muncul folder aneh di dalam drive laptop/komputer setelah colok flashdisk, atau hal aneh lainnya? Hati-hati, kebanyakan kasus yang Herugan alami seperti berberapa hal tersbut, Flashdisk telah terinfeksi virus. Tidak menutup kemungkinan juga Virus BadUSB. Yaitu sebuah ancaman baru Mallware yang berbahaya berasal dari pengguna USB dan bisa menyebar melalui perangkat komputer (Flashdisk misalnya). Bahaya yang mungkin dihadirkan oleh malware ini ialah program jahat di dalamnya bisa mengambil alih perangkat USB secara penuh. Yang kemudian program itu dapat mengarahkan lalu lintas web penggunanya atau bahkan mengubah file yang ada di dalam USB serta menyebarluaskan serangannya ke PC host.

Virus BadUSB

Namun jangan khawatir, serangan Virus BadUSB yang dapat mengubah perangkat USB jadi perangkat berbahaya itu masih bisa ditanggulangi asalkan belum terlambat, tindakan yang paling bagus saat ini untuk mengantisipasi serangan Virus BadUSB dengan cara :

1. Jangan sembarangan mencolokkan USB flashdisk. Sebisa mungkin, hanya izinkan USB flashdisk yang terpercaya saja untuk mengakses laptop/komputer.
2. Jangan gunakan USB bekas atau pemberian karena berpotensi memberi akses kepada software berbahaya kepada komputer.
3. Jangan biarkan komputer maupun perangkat mobile lain Anda terbuka tanpa pengawasan.

Apabila anda sedang dalam kondisi yang penting, misalnya saat konferensi/jumpa pers, acara pameran, atau acara penting lainnya sebisa mungkin tidak menggunakan flashdisk yang tak diketahui keamanannya.

Demikian Pembahasan mengenai Virus BadUSB beserta cara antisipasi serangan Virus Bad USB. Semoga membantu.